Kinerja Lalu Lintas Berdasarkan Okupansi, Komposisi Kendaraan pada Bundaran Tirosa Kota Kupang

Amy Wadu, Mateus Sodanango, Obed Nenobais, Ludofikus Dumin

Abstract


Nilai ekuivalen mobil penumpang (emp) untuk kendaraan berat (HV) dan sepeda motor (MC) merupakan titik awal untuk analisis operasional fasilitas jalan dan penerapan manajemen lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai ekivalen mobil penumpang (emp) pada bundaran yang sesuai dengan kondisi lalu lintas Kota Kupang berdasarkan okupansi dan komposisi kendaraan. Hasil penelitian yang didapat yaitu emp berdasrkan waktu Okupansi untuk jenis kendaraan HV dan MC adalah 2,97 dan 0,13. Sedangkan berdasarkan komposisi kendaraan nilai Ekivalen Mobil Penumpang (emp) untuk jenis kendaraan HV dan MC adalah 2,81 dan 0,32. Kinerja lalu lintas berdasarkan okupansi dan komposisi kendaraan masuk dalam tingkat pelayanan C, sedangkan berdasarkan MKJI 1997 masuk dalam tingkat pelayanan F. Disesuaikan dengan kondisi lapangan maka, kinerja lalu lintas berdasarkan okupansi dan komposisi kendaraan lebih akurat bila dibandingkan dengan emp berdasarkan MKJI 1997

Keywords


bundaran, okupansi, komposisi, lalu lintas, MKJI, PKJI

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v22i1.17338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats