Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Simpang Menggunakan Simulasi PTV Vissim 9.0 (Studi Kasus: Dua Simpang Jln. Cak Doko Kecamatan Oebobo Kota Kupang)

Krisantus Satrio Wibowo Pedo, Engelbertha Noviani Bria Seran, Krisantos Ria Bela

Abstract


Two adjacent intersections on Cak Doko Street, Oebobo District, Kupang City cause traffic jams, so evaluation and simulation of Traffic Management and Engineering recommendations are needed. The analytical method used is intersection evaluation using the PTV Vissim 9.0 simulation programs and PKJI 2023. The results of the PTV Vissim 9.0 evaluation will be calibrated and validated and then used as a basis for recommended traffic management and engineering simulations. The intersection evaluation results for intersection delay values at intersections 1 and 2 are 15,392 sec/veh and 13,738 sec/veh (PKJI 2023) and 41,755 sec/veh and 28,379 sec/veh (PTV Vissim), while the respective LOS values are LOS E and LOS D. The most effective traffic menagement is recommendation 2, namely the installation of a median with a U-turn ban at both ends of the median, with the performance results for intersections 1 and 2 being LOS B with intersection delays of 11,497 sec/veh and 10,565 sec/veh, respectively.


Dua simpang tiga yang berdekatan pada Jl. Cak Doko, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang menyebabkan terjadinya kemacetan sehingga perlu adanya evaluasi serta simulasi rekomendasi Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas (MRLL). Metode analisis yang digunakan adalah evaluasi simpang menggunakan simulasi program PTV Vissim 9.0 dan PKJI 2023. Hasil evaluasi PTV Vissim 9.0 akan dikalibrasi dan divalidasi untuk kemudian digunakan sebagai dasar simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas yang akan direkomendasikan. Hasil evaluasi simpang untuk nilai tundaan simpang pada simpang 1 dan 2 masing-masing sebesar 15,392 det/kend dan 13,738 det/kend (PKI 2023) serta 41,755 det/kend dan 28,379 det/kend (PTV Vissim), sedangkan nilai LOS masing-masing adalah LOS E dan LOS D. Rekomenasi MRLL yang paling efektif dilakukan adalah rekomendasi 2 yakni pemasangan median dengan larangan putar balik pada kedua ujung median, dengan hasil kinerja simpang 1 dan 2 adalah LOS B dengan tundaan simpang masing-masing sebesar 11,497 det/kend dan 10,565 det/kend. 


Keywords


simpang;PTV Vissim 9.0;Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas

Full Text:

PDF

References


K. S. Patrias and Y. Lulie, “Analisis Koordinasi Sinyal Antar Simpang Wirobrajan Dan Simpang Ngabean Yogyakarta,” J. Tek. Sipil, vol. 16, no. 3, pp. 151–158, 2021, doi: 10.24002/jts.v16i3.5386.

S. S. L. M. F. Seran, R. Naikofi, and E. N. Bria Seran, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Jl. Veteran, Jl. Belakang Taman Nostalgia Dan Jl. Depan Hotel Naka Kupang),” Eternitas J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 35–47, 2020, doi: 10.30822/eternitas.v1i1.548.

A. Massang, S. Y. R. Rompis, and S. V Pandey, “Efektifitas Peningkatan Kontrol Simpang Tidak Bersinyal Menjadi Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Ring Road dan Jalan Mangga),” Tekno, vol. 20, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/tekno/article/view/45780

M. Lubis, H. Batubara, and F. Hidayat Batubara, “Analisis Dan Simulasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Menggunakan Program Micro Simulator Ptv Vissim (Studi Kasus),” Jtsip, vol. 2, no. 1, pp. 85–95, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JTSIP

Direktorat Jenderal Bina Marga, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023. Direktorat Jenderal Bina Marga, 2023.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB, 2000.

P. J. Romadhona and D. Prasetyo, “Dampak Parkir On Street pada Fasilitas Bukaan Median (U-Turn) Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perkotaan,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 18, no. 2, pp. 357–364, 2020.

P. J. Romadhoka, T. N. Ikhsan, and Di. Praseyo, Aplikasi Permodelan Lalu Lintas: PTV Vissim 9.0, I. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta, 2019.

B. Liu, A. Shams, J. Howard, S. E. Alexander, A. Hughes, and A. Pande, Assessing Complete Street Strategies Using Microscopic Traffic Simulation Models. 2020. [Online]. Available: https://scholarworks.sjsu.edu/mti_publications/304

A. M. Zulfikar and M. Fauziah, “Kinerja Ruas Area Pasar Kembang Setelah Sistem Satu Arah di Kawasan Malioboro,” Semesta Tek., vol. 25, no. 2, pp. 118–132, 2022, doi: 10.18196/st.v25i2.14862.

R. W. Yulianyahya, “Pengaruh Pelanggaran Marka Jalan Terhadap Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Gayam dan Simpang Wirobrajan Yogyakarta),” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 19, no. 2, p. 177, 2021, doi: 10.12962/j2579-891x.v19i2.8646.

M. Z. Irawan and N. H. Putri, “Kalibrasi Vissim Untuk Mikrosimulasi Arus Lalu Lintas Tercampur Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta),” J. Penelit. Transp. Multimoda, vol. 13, no. 3, pp. 97–106, 2015, [Online]. Available: https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/jurnalmtm/article/view/180/210

Muchlisin, I. Tajudin, and W. Widodo, “Optimization model of unsignalized intersection to signalized intersection using ptv. vissim: Study case in imogiri barat and tritunggal intersection, Yogyakarta, Indonesia,” Int. J. Integr. Eng., vol. 11, no. 9 Special Issue, pp. 12–25, 2019, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/277440732.pdf

C. O. Saba, Don Gaspar Noesaku da Costa, and Engelbertha N.B. Seran, “Analisis Pengaruh Rasio Kendaraan Belok Kanan Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal,” Eternitas J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2022, doi: 10.30822/eternitas.v1i2.1598.

D. W. Karels, A. W. Siki, and E. Hunggurami, “Analisis Kinerja Simpang Takbersinyal Persimpangan Jalan W. J. Lalamentik Dan Jalan Amabi Kota Kupang,” J. Tek. Sipil, vol. 10, no. 1, pp. 9–20, 2021, [Online]. Available: https://sipil.ejournal.web.id/index.php/jts/article/view/390

K. S. Pedo, “Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Dan Simpang Tiga Tak Bersinyal Jl. Piet a. Tallo (Jembatan Liliba),” J. Tek. Sipil, vol. 16, no. 4, pp. 261–268, 2022, doi: 10.24002/jts.v16i4.5583.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: 273/HK.105/DJRD/96 Tentang Pedoman Teknis Pengaturan Lalu Lintas Di Persimpangan Berdiri Sendiri. Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Darat, 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962%2Fj2579-891X.v23i3.20596

Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats

POSTOTO787

POSTOTO787

slot88

slot88

slot777

slot gacor

slot dana

slot gacor

slot qris

slot qris

slot thailand

slot thailand

slot88 terpercaya

slot88