Analisa Kepuasan Penumpang Angkutan Kota terhadap Sistem Pelayanan Angkutan Kota di Kota Sidoarjo

Ibnu Solichin

Abstract


Sistem pelayanan angkutan kotadi Sidoarjo memegang peranan yang sangat penting. Sistem pelayanannya saat ini mengikuti sistem jaringan trayek. Walaupun sistem pelayanan angkutan kotasudah mengikuti sistem jaringan trayek, pelayanan dari trayek-trayek yang ada dirasakan kurang, misalnya dalam hal waktu tunggu, ketersediaan kendaraan, kenyamanan dan banyak lagi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian mengenai seberapa besar kepuasan dan harapan penumpang angkot di Kota Sidoarjo terhadap kinerja angkot di Kota Sidoarjo saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner pada penumpang angkot di Kota Sidoarjo dan Pemerintah Kota Sidoarjo. Kuisioner ini berisi beberapa pertanyaan yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan dan kepentingan bagi penumpang angkot dan pegawai Pemerintah Kota Sidoarjo terhadap sistem yang berlaku saat ini, yaitu: kapasitas, aksesibilitas, keandalan, tarif  terjangkau, frekuensi, responsiveness, tangible, dan jumlah angkot. Pada penelitian ini akan digunakan metode deskriptif-kuantitatif. Tingkat kepuasan penumpang angkot dan Pemerintah Kota Sidoarjo dianalisis dengan menggunakan analisis tingkat kepentingan dan kinerja/kepuasan pelanggan (analisis kuadran). Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa kinerja angkot di kota Sidoarjo yang berkenaan dengan pelayanan angkot berada dalam kuadran C dan D. Selain itu, terdapat pula beberapa atribut yang pelaksanaannya dapat dipertahankan yaitu faktor muat, ketetapan jadwal waktu dalam menunggu angkot, dan pelayanan angkot dengan frekuensi yang tinggi. Ketiga atribut tersebut berada dalam kuadran B. Hal ini di tunjukkan pada diagram kartesius. 


Keywords


Angkutan Kota, Sidoarjo, Analisa Kuadran, Kinerja, Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Nasution, M.N, (2004), Manajemen Transportasi, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Yoeti, H.O.A, (2005), Customer Service Cara Efektif Memuaskan Pelanggan, Cetakan Keempat, PT Pradnya Paramita, Jakarta.

Supranto, J, (2006), Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Azwar, S, (2006), Realibilitas dan Validitas, Cetakan Keenam, Pustaka Pelajar, Jogjakarta.

Sugiyono, (2006), Statistik Untuk Penelitian, Cetakan Kesembilan, CV AlfaBeta, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v8i1.2728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats