Pengaruh Non Linieritas Gelombang terhadap Gaya dan Momen Guling akibat Gelombang pada Dinding Vertikal di Laut Dangkal

Agung Budipriyanto

Abstract


Perhitungan gaya dan momen guling akibat gelombang pada struktur pantai harus dilakukan sehingga stabilitas struktur dapat ditentukan. Ketika mendekati daerah pantai gelombang laut sering berperilaku sebagai gelombang tidak linier. Dalam tulisan ini disajikan hasil studi numerik pengaruh non linieritas (ketidak linieran) gelombang terhadap besar gaya dan momen gelombang pada dinding vertikal di laut dangkal ketika ratio kedalaman air dan panjang gelombang laut lebih kecil dari 0,125 dan angka Ursell lebih besar dari 26. Dalam studi ini panjang gelombang dihitung menurut teori linier (Airy) dan tidak linier (Fourier dan Cnoidal) sedangkan gaya dan momen guling dihitung menurut cara Sainflou, Nagai, dan Miche-Rundgren. Hasil dari studi ini mengindikasikan bahwa pengaruh non linieritas gelombang pada perhitungan tekanan gelombang dengan cara Sainflou relatif kecil. Sedangkan dengan cara Nagai dan Miche-Rundgren non linieritas gelombang perlu diperhitungkan untuk nilai perbandingan tinggi dan kedalaman gelombang () lebih besar atau sama dengan 0,4.    


Keywords


Gelombang tidak Linier, Gaya Gelombang, Dinding Tegak, Laut Dangkal

Full Text:

PDF

References


Bretschneider, C.L., 1966. Wave Refraction, Diffraction and Reflection. Dalam A.T. Ippen (ed.) Estuary and Coastline Hydrodynamics, Engineering Societies Monograph, Mc Graw Hill , 276-279.

Bruun, P. 1981. Port Engineering, Gulf Publishing Co., 295-296.

Budipriyanto, A. 1997. Pengaruh Non-linieritas Gelombang pada Gaya dan Momen Guling Akibat Gelombang pada Dinding Tegak di Laut Dangkal, Laporan penelitian, Lembaga Penelitian ITS, 279p.

Chakrabarti, S.K., 1987. Hydrodynamics of Offshore Structures, Computational Mechanics Publication.

............., 2004. Coastal Engineering Manual (CEM), Department of the Army Corps of Engineers,Wahington,D.C.

Dean, R.G., 1968. Relative Validity of Water Waves Theories. Preceedings on Civil Engineering in Ocean, ASCE San Fransisco.

Dean, R.G., Dalrymple, R.A, 1984. Water Waves Mecahnics for Engineers and Scientists, Prentice Hall.

Dean, R.G., Harleman, D.R.F., 1966. Interaction of Structures and Waves. Dalam A.T. Ippen (Ed.) Estuary and Coastline Hydrodynamics, Engineering Societies Monograph Mc Graw Hill, 376-377.

Dean, R.G., LeMehaute, B., 1970. Experimental Validity of Water Waves Theories, Strutural Engineering Conference, ASCE, Portland Oregon.

Leenknecht, D.A., Szuwalski, A., Sherlock, A., R., 1992. Automated Coastal Engineering System. Coastal Engineerng Reasearch Center., Department of teh Army Vicksburg, Mississippi.

Sobey, R.J., Goodwing, P., Thieke, R.J., Westberg, Jr., R.J., 1987. Application of Stokes, Cnoidal and Fourier Wave Theories, Journal of Waterways, Port, Coastal and Ocean Engineering, Vol. 113,No.6,565-587.

............., 1984. Shore Protection Manual (SPM), Department of the Army Corps of Engineers,Wahington,D.C.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v5i1.2759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats