Analisa Perlambatan Kecepatan Kendaraan Di Penghujung Traffic Light Perempatan Jalan Dengan Menggunakan Persamaan Differensial Derajad Satu. (Studi Kasus Ruas Jalan Ir. H. Soekarno–Kertajaya Indah Surabaya)

Hendrata Wibisana, Nugroho Utomo, Decynthia Wibowo

Abstract


Salah satu parameter yang digunakan untuk memantau karakteristik dari ruas jalan raya adalah kecepatan kendaraan. Faktor kecepatan kendaraan memainkan peranan yang penting dalam penggambaran dinamika arus lalu lintas suatu jalan raya, dimana dengan kecepatan kendaraan yang tinggi dapat diprediksikan arus lalu lintas yang tinggi pada ruas jalan tersebut. Dalam penelitian ini hendak dicari suatu model persamaan yang dapat menggambarkan kecepatan kendaraan pada suatu saat di ruas jalan arteri terpilih yaitu jalan Ir. H. Soekarno yang memiliki volume kendaraan yang tinggi. Model persa­maan yang dihasilkan akan dapat dimanfaatkan untuk analisa kendaraan pada titik perhentian di pertigaan atau perempatan dengan adanya traffic light. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan masukan data kecepatan kendaraan dan diaplikasikan pada perhitungan dengan persamaan differensial derajad 1 dan diperoleh suatu bentuk model matematis. Persamaan matematis yang diperoleh dari penelitian di ruas jalan Ir. H. Soekarno adalah St=50,92.e^(-0,0684.t) dimana St adalah kecepatan kenda­raan dalam satuan km/jam dan t adalah waktu tempuh dalam satuan jam. 


Keywords


kecepatan kendaraan; analisa perlambatan; traffic light; persamaan differensial

Full Text:

PDF

References


D. Delen, R. Sharda, and M. Bessonov, “Identifying significant predictors of injury severity in traffic accidents using a series of artificial neural networks,” Accid. Anal. Prev., vol. 38, no. 3, pp. 434–444, May 2006.

M. Skyving, H.-Y. Berg, and L. Laflamme, “A pattern analysis of traffic crashes fatal to older drivers,” Accid. Anal. Prev., vol. 41, no. 2, pp. 253–258, Mar. 2009.

C. Lee and M. Abdel-Aty, “Comprehensive analysis of vehicle–pedestrian crashes at intersections in Florida,” Accid. Anal. Prev., vol. 37, no. 4, pp. 775–786, Jul. 2005.

S. Ma, Q. Li, M. Zhou, L. Duan, and D. Bishai, “Road Traffic Injury in China: A Review of National Data Sources,” Traffic Inj. Prev., vol. 13, no. sup1, pp. 57–63, Mar. 2012.

M. Guerrieri, F. Corriere, G. Rizzo, B. Casto, and G. Scaccianoce, “Improving the Sustainability of Transportation: Environmental and Functional Benefits of Right Turn By-Pass Lanes at Roundabouts,” Sustainability, vol. 7, no. 5, pp. 5838–5856, May 2015.

D. Pojani and D. Stead, “Sustainable Urban Transport in the Developing World: Beyond Megacities,” Sustainability, vol. 7, no. 6, pp. 7784–7805, Jun. 2015.

M. Machsus, R. Basuki, and A. F. Mawardi, “Generalized Additive Models for Estimating Motorcycle Collisions on Collector Roads,” Procedia Eng., vol. 125, pp. 411–416, Jan. 2015.

Machsus, I. Prayogo, Chomaedhi, D. W. Hayati, and A. Utanaka, “Road safety analysis on Achmad Yani frontage road Surabaya,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 267, no. 1, p. 12027, Nov. 2017.

P. T. Savolainen, F. L. Mannering, D. Lord, and M. A. Quddus, “The statistical analysis of highway crash-injury severities: A review and assessment of methodological alternatives,” Accid. Anal. Prev., vol. 43, no. 5, pp. 1666–1676, Sep. 2011.

N. N. Sze and S. C. Wong, “Diagnostic analysis of the logistic model for pedestrian injury severity in traffic crashes,” Accid. Anal. Prev., vol. 39, no. 6, pp. 1267–1278, Nov. 2007.

M. Asbridge, J. R. Brubacher, and H. Chan, “Cell phone use and traffic crash risk: a culpability analysis,” Int. J. Epidemiol., vol. 42, no. 1, pp. 259–267, Feb. 2013.

P. Cummings, F. P. Rivara, C. M. Olson, and K. M. Smith, “Changes in traffic crash mortality rates attributed to use of alcohol, or lack of a seat belt, air bag, motorcycle helmet, or bicycle helmet, United States, 1982-2001,” Inj. Prev., vol. 12, no. 3, pp. 148–154, Jun. 2006.

G. Brătucu, A. Madar, D. Boşcor, C. Băltescu, and N. Neacşu, “Road Safety Education in the Context of the Sustainable Development of Society: The Romanian Case,” Sustainability, vol. 8, no. 3, p. 278, Mar. 2016.

Direktorat Jenderal Bina Marga, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia,” Jakarta, 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v15i2.3058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats