Penentuan Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surabaya

Vrischa Natalia Arung, Hera Widyastuti

Abstract


Kota Surabaya sebagai Ibukota Provinsi Jawa Timur menjadi pusat kegiatan pemerintahan, selain itu juga sebagai salah satu kota perdagangan, industri, serta pendidikan. Keadaan ini menyebabkan kegiatan masyarakat di Kota Surabaya cukup tinggi, sehingga menimbulkan kegiatan transportasi yang berdampak pada meningkatnya angka pertumbuhan lalu lintas. Salah satu dampak dari pertumbuhan lalu lintas adalah masalah kecelakaan lalu lintas. Selama tahun 2016 tercatat 1.126 kejadian kecelakaan lalu lintas di Kota Surabaya, sedangkan pada tahun 2017 tercatat 1.349 kejadian kecelakaan yang mengakibatkan 174 orang meninggal dunia. Pada penelitian ini digunakan metode Z-Score untuk menentukan daerah rawan kecelakaan (black site), sehingga diperoleh 3 (tiga) ruas jalan yang ditetapkan sebagai black site di Kota Surabaya, yaitu Jalan Ahmad Yani, Jalan Mastrip, dan Jalan Ir.Soekarno.


Keywords


Teknik sipil; Kecelakaan lalu lintas; Black site; Z-Score

Full Text:

PDF

References


Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 5 Tahun 2012 “Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Tahun 2011-2031,” 2012.

Kepolisian Resort Kota Surabaya, “Data Kecelakaan Lalu Lintas Kota Surabaya,” 2017.

I. G. P. Adnya Swari, P. A. Suthanaya, and I. N. W. Negara, “Analisis Biaya Dan Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Akibat Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Denpasar,” J. Spektran, vol. 2, pp. 24–30, 2014.

H. Widyastuti et al., “Evaluation of Responsible Riding Program on Reducing Number of Motorcycle Accident,” vol. 7, no. 1995, 2009.

H. Widyastuti et al., “Evaluation of Indonesia Road Safety Campaigns (RUNK),” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 227, pp. 530–535, 2016.

Pusat Litbang Prasarana Transportasi, “Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas,” p. 54, 2004.

Dinas Pekerjaan Umum Kota Surabaya, “Data Ruas Jalan Kota Surabaya,” no. 1, 2017.

I. D. A. Bagus, G. Laksmana, and J. T. Sipil, Analisis kecelakaan lalu lintas studi kasus kota denpasar. 2016.

G. Sugiyanto, A. Fadli, and M. Y. Santi, “Identification of black spot and equivalent accident number using Upper Control Limit method,” ARPN J. Eng. Appl. Sci., vol. 12, no. 2, pp. 528–535, 2017.

G. Sugiyanto et al., “Metode Gross Output KIMPRASWIL,” pp. 1–3, 2013.

Jotin, Khisty dan Kent, Lall, Transportation Engineering, Edisi 3. Erlangga, 2003.

Brandt, D. R., “An ‘Outside-In’Approach to Determining Customer Driven Priorities for Improvement and Innovation,” White Paper Series., Vol. 2, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v18i1.5328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats