Penentuan Prioritas Penanganan Kerusakan Jalan di Kota Dili Timor Leste Berdasarkan Kondisi Kerusakan Perkerasan Jalan (Studi Kasus : Jalan Aikakeu Laran, Jalan Bebonuk, Jalan Comoro dan Jalan Becora)

Frans de Jesus Babo, Indrasurya B Mochtar, Catur Arif Prastyanto

Abstract


Jalan Merupakan prasarana yang sangat penting dalam sektor perhubungan. Kondisi jalan yang baik akan memudahkan mobilitas penduduk dalam mengadakan kegiatan ekonomi dan kegiatan sosial lainnya. Program pemeliharaan jalan harus dilakukan oleh pemerintah Timor Leste. Dengan banyaknya kendala dan permasalahan, seperti keterbatasan anggaran, usulan dari masyarakat yang terus masuk pada dinas pekerjaan umum, maka diperlukan perencanaan program pemeliharaan jaringan jalan secara bertahap dengan penentuan prioritas penanganan kerusakan jalan. Tujuan dari proritas penanganan kerusakan jalan pada keempat ruas jalan yang ada di Kota Dili tersebut adalah menggunakan data yang dibutuhkan nilai kerusakan visual, equivalent axle load dan fungsi jalan. Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi kerusakan jalan untuk menentukan prioritas penanganan didapat hasil bahwa jalan yang diamati dan prioritas yang perlu diperbaiki adalah ruas jalan Comoro dengan nilai total EAL maksimum 11691,82.


Keywords


Prioritas Penanganan Kerusakan Perkerasan Jalan, Kondisi Perkerasan Jalan

Full Text:

PDF

References


Hendrick Simangunsong, dan P. Eliza Purnamasari,”Evaluasi Kerusakan Jalan Studi Kasus (Jalan Dr Wahidin – Kebon Agung) Sleman, DIY, Institut Tekonologi Bandung,” 2014.

Jatmiko Budi Antoro, Ludfi Djakfar, Achmad Wicaksono,”Penentuan Prior-itas Pemeliharaan Jalan Kabupaten Di Wilayah Perkotaan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau,”Universitas Brawi-jaya, Vol. 10, No.1 Issn 1978 – 5658, 2016.

Rahmad Hidayatullah, Dr. Ir. Ria A.A. Soemitro, M.Eng, dan Ir. Sumi-no,”Analisa Penentuan Urutan Priori-tas Pemeliharaan Jalan Di Kota Bima, Program Magister Teknik Bidang Keahlian Manajemen Aset FTSLK, ITS Surabaya, 2014.

Raymond Benardus Munthe,”Menentukan Prioritas Pe-nanganan Ruas Jalan Nasional Di Pu-lau Bangka Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Vol. 21, No. 1, 2015.

Dirgolaksono dan Mochtar,”Sistim manajemen perkerasan jalan untuk penentuan prioritas penanganan,” 2005.

Djoko Sulistiono, Ami Asparini, Ama-lia FM, dan Selly Metekohy, ”Survai Visual Untuk Penilaian Kondisi Jalan (Kasus Ruas Jalan AR Hakim Dan Kertajaya Indah Timur Surabaya),” Seminar Nasional, 2011.

B. M. Departemen Pekerjaan Umum, “Konfigurasi Beban Sumbu Ken-daraan,”1979.

Arifin dan Heri Su-listiyono,”Penentuan Skala Prioritas Penanganan Jalan Kota Di Kota Mataram,”Vol. 1 No.2, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v18i1.5419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats