Analisis Biaya Kerugian Kemacetan Jalan Akibat Adanya Kerusakan pada Kendaraan Berat di Jalan Arteri Primer (Studi Kasus : Ruas Jalan Surabaya-Mojokerto)

Aulia Dewi Fatikasari, Catur Arif Prastyanto

Abstract


Kemacetan bersifat nonrecurrent disebabkan oleh peristiwa yang tidak dapat diprediksi seperti terjadi akibat kendaraan berat mengalami risiko kerusakan. Biasanya kendaraan akan berhenti disalah satu lajur sehingga mengurangi kapasitas jalan dan jalan tidak mampu menampung volume lalu lintas yang tinggi. Selain itu, membutuhkan waktu yang lama untuk proses evakuasinya sehingga akan memperpanjang antrian kemacetan. Hal ini akan menimbulkan kerugian bagi pengguna jalan. Sehingga perlu dibuatkan model hubungan antara variabel volume lalu lintas, biaya kerugian dan lama waktu penanganan. Digunakan metode regresi sederhana untuk membuat model tersebut. Persamaan model yang didapatkan yaitu ketika waktu penanganan 0,5 jam y =-95848463,493+66456,613X; 1 jam y =-191696926,994+132913,227X; 1,5 jam y =-287545390,476+199369,840X; 2 jam y =-383393853,990+265826,454X dan 3 jam y =-575090781,012+398739,681X dengan variabel y biaya kemacetan (Rp) dan x volume lalu lintas (skr). Persamaan model tersebut digunakan ketika kapasitas jalan 4/2D yang awalnya 3319,68 skr/jam menjadi 1659,84 skr/jam dengan batas volume lalu lintas minimum 1660 skr/jam.


Keywords


kinerja jalan; panjang antrian; tundaan; biaya kemacetan

Full Text:

PDF

References


J. C. Falcocchio and H. S. Levinson, “Road Traffic Congestion: A Concise Guide,” Springer Tracts Transp. Traffic, vol. 7, pp. 159–182, 2015.

P. Fernandes et al., “Integrating road traffic externalities through a sustainability indicator,” Sci. Total Environ., vol. 691, pp. 483–498, 2019.

B. H. Susilo and I. Imanuel, “Traffic congestion analysis using travel time ratio and degree of saturation on road sections in Palembang, Bandung, Yogyakarta, and Surakarta,” MATEC Web Conf., vol. 181, 2018.

Kementerian Pekerjaan Umum, “Pedoman Kapasitas Jalan Luar Perkotaan,” Jakarta Kementeri. Pekerj. Umum, 2014.

M. A. Yazici, A. Kocatepe, and E. E. Ozguven, “Breakdown of weather, intersection and recurrent congestion impacts on urban delay in New York City,” Transp. Res. Procedia, vol. 22, pp. 399–408, 2017.

C. Kamga and M. A. Yazici, “Temporal and weather related variation patterns of urban travel time: Considerations and caveats for value of travel time, value of variability, and mode choice studies,” Transp. Res. Part C Emerg. Technol., vol. 45, pp. 4–16, 2014.

Detik News, “Dump Truk Terguling, Raya Kletek Macet 4 Km,” Detik News, 2019. [Online]. Available: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/1091996z/dump-truk-terguling-raya-kletek-macet-4-km.

S. A. Arianto and A. A. G. Kartika, “Studi kelayakan pembangunan jalan layang (fly over) pada ruas jalan sepanjang – krian km 16+540 – 17+680 ditinjau dari segi teknik lalu lintas dan ekonomi,” vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2012.

C. A. Prastyanto and I. B. Mochtar, “Prediction of Flexible Pavement Deflection Based on Falling Weight Deflectometer, FWD, for Highways Traversed by Heavy Overloaded Vehicles (Case Study on Arterial And Collector Roads in Tuban, East Java, Indonesia),” IPTEK J. Proc. Ser., vol. 3, no. 6, pp. 2–6, 2017.

P. A. Kesuma, M. A. Rohman, and C. A. Prastyanto, “Analysing the root cause of the damage risk in heavy vehicles to reduce traffic congestion,” Int. J. Constr. Manag., vol. 0, no. 0, pp. 1–12, 2020.

O. Z. Tamin, Perencanaan, Pemodelan, dan Rekayasa Transportasi (Teori, contoh soal, dan aplikasinya). ITB, 2008.

A. D. May, Traffic Flow Fundamentals. 1990.

Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) ITB, “Laporan Akhir Studi Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan-PT. Jasa Marga,” ITB, 1996.

N.D.Lea, “Traffic and Economic Studies and Analysis.” 1975.

F. I. Pinem, “Analisis Nilai Waktu Perjalanan Penumpang Angkutan Umum Kota Medan Dengan Menggunakan Random Regret Minimization,” 2015.

G. Sugiyanto, S. Malkhamah, A. Munawar, and H. Sutomo, “Congestion Cost Model of Private Passenger Car Users in Malioboro District, Yogyakarta,” vol. 11, no. 1, pp. 81–86, 2011.

A. Tzedakis, “Different Vehicle Speeds and Congestion Costs,” J. Transp. Econ. Policy, vol. 14, pp. 81–103, 1980.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i2.8499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats