Pengaruh Pelanggaran Marka Jalan Terhadap Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Gayam dan Simpang Wirobrajan Yogyakarta)

Raafi Widyaputra Yulianyahya

Abstract


Tingginya tundaan dan panjang antrian dapat mengakibatkan pelanggaran marka jalan untuk mengambil waktu awal hijau sinyal lalu lintas tanpa menghiraukan peraturan garis marka di simpang. Penelitian ini membedakan antara simpang tidak mempunyai median jalan di Simpang Gayam dan simpang mempunyai median jalan di Simpang Wirobrajan. Pelanggaran marka jalan yang menjadi tujuan penelitian tentang bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja Simpang Gayam dan Simpang Wirobrajan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan mikrosimulasi lalu lintas dengan Vissim untuk didapatkan analisis kinerja simpang yang berupa tundaan dan panjang antrian akibat pelanggaran marka jalan. Data primer dikumpulkan dengan melakukan survei langsung di lapangan untuk mendapatkan volume kondisi eksisting periode jam puncak yang akan menjadi acuan analisis kinerja simpang. Dari analisis kinerja tundaan antara Simpang Gayam dan Simpang Wirobrajan, didapatkan selisih waktu di lengan selatan sebesar 51,52 detik, lengan barat 16,54 detik, lengan utara 107,14 detik, lengan timur 72,66 detik. Kemudian dari analisis panjang antrian antara Simpang Gayam dan Simpang Wirobrajan, didapatkan selisih panjang antrian di lengan selatan sebesar 19,25 meter, lengan barat 55,34 meter, lengan utara 34,60 meter, lengan timur 16,30 meter.

Keywords


Pelanggaran Marja Jalan, Kinerja Simpang Bersinyal, Mikrosimulasi Vissim

Full Text:

PDF

References


M. Junef, “Perilaku Masyarakat Terhadap Operasi Bukti Pelanggaran ( Tilang ) Dalam Berlalu Lintas,” WIDYA Yust., vol. 1, no. 1, pp. 52–60, 2014.

F. D. Hobbs, Perencanaan dan teknik lalu lintas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1995.

A. Munawar, Manajemen lalu lintas perkotaan. Yogyakarta, 2004.

K. PUPR, “Highway Capacity Manual Project (HCM),” Man. Kapasitas Jalan Indones., vol. 1, no. I, p. 564, 1997.

E. Mazloumi, S. Moridpour, and H. Mohsenian, “Delay Function for Signalized Intersections in Traffic Assignment Models,” J. Urban Plan. Dev., vol. 136, no. 1, pp. 67–74, 2010, doi: 10.1061/(asce)0733-9488(2010)136:1(67).

PTV Vissim, “VISSIM 5.30-05 User Manual,” pp. 130–132, 2011, [Online]. Available: https://www.et.byu.edu/~msaito/CE662MS/Labs/VISSIM_530_e.pdf.

F. N. Gustavsson, New transportation research progress. 2008.

P. C. Chang, Y. W. Wang, and C. H. Liu, “The development of a weighted evolving fuzzy neural network for PCB sales forecasting,” Expert Syst. Appl., vol. 32, no. 1, pp. 86–96, 2007, doi: 10.1016/j.eswa.2005.11.021.

Sugiyono, Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i2.8646

Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats