Analisis Model Pengaruh Penyebab Terjadinya Waste Terhadap Peningkatan Biaya Konstruksi Gedung Bertingkat Rendah di Jakarta

melchior awanaman suarliak, agus suroso

Abstract


Penyebab terjadinya waste terhadap peningkatan biaya yang dikeluarkan oleh pihak kontrak­tor sehingga mengalami kerugian dari material yang berlebih atau pun terbuang pada proyek konstruksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis model pengaruh penyebab terjadinya waste terhadap peningkatan biaya konstruksi gedung bertingkat rendah di Jakarta. Peneli­ti­an ini dikumpulkan dari 14 (empat belas) proyek yang berbeda dengan jumlah terkumpul dari 84 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probabilitas random sampling, se­dang­­kan untuk pemilihan sampel menggunakan simple random sampling.Variabel bekisting,pembesian, pengecoran dan pembongkaran bekisting berpengaruh terhadap peningkatan biaya konstruksi, sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi peningkatan biaya konstruksi adalah variabel pekerjaan bekisting dan pekerjaan pembongkaran bekisting. Peningkatan biaya konstruksi diperoleh dari indikator yang memiliki skor tertinggi yaitu pada Variabel pekerjaan bekisting untuk indikator X1.4 dengan persentase 0,94% dan Varibel pekerjaan pembongkaran bekisting untuk indikator X4.4 dengan persentase 0,97% yaitu “Pengawasan pemasangan bekisting kurang insentif”dan“Metode pembongkaran yang kurang tepat” dengan skor total 341 dan rata-rata 4.059 dengan nilai persentase dalam kategori yang baik sekali.

.


Keywords


cause of waste;construction cost;low-rise building

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

H. Nursyahbani, K. P. Negara, dan A. Zacoeb. “Analisis dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi Menggunakan Fault Tree Analysis (FTA) (Studi Kasus pada Proyek Pembangunan Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang)”. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, vol 1. no. 2. p. PP-641. 2016.

K. Liman dan H. Sulistio.“Waste Material Beton pada Proyek Konstruksi di Jakarta”. JMFS: Jurnal Mira Teknik Sipil vol. 3, no. 1, pp. 183-190, 2020.

N. A. Aulia dan K. P. Negara.“Analisis dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi Menggunakan. Metode Pareto dan Fishbone Diagram (Studi Kasus pada Proyek Pembangunan Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang)”. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, vol. 1. no. 2, p. PP-649, 2016.

P. I. Gusti, S. Adi, P. G. A. P, C. Dharmayanti, A. A. D. P. Dewi. “Penanganan Waste Material Pada Proyek Konstruksi Gedung Bertingkat ”. Jurnal Spektran, vol. 6, no. 2, Hal. 133 – 262, Juli 2018.

Pertiwi, M. Igai, Fajar, S.Herlambang, dan Wayan, S. Kristinayati. “Analisis Waste Material Konstruksi Pda Proyek Gedung (Studi Kasus Pada Proyek Gedung Di Kabupaten Badung)”. Jurnal Simetrik, vol.9, No.1, Juni 2019.

S. Intan. “Analisa dan evaluasi sisa material konstruksi pada pembangunan ruko di Surabaya”. PhDThesis. Petra Christian University, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. 2017.

T.James,R.U.Latief, S.Hamzah, dan I. R.Rahim. “Efisiensi Penggunaan Material Konstruksi Dalam Mereduksi Timbulnya Material Sisa (Waste Material) ”. http://jamesthoengsal.blogspot.co.id/p/blog-page_20.html, diakses 2021

W. Hartono. S. Sugiyarto, dan S. Baskoro. “Analisis Dan Identifikasi Sisa Material Konstruksi Pembangunan Gedung Kantor Dan Rumah Dinas Kelurahan Gilingan (Studi Kasus Gedung Kelurahan Dan Rumah Dinas Kelurahan Gilingan)”. Matriks Teknik Sipil. vol. 4. no. 1, 2016.

Y. P. Devia, S. El Unas, dan W. Nariswari, “Identifikasi Sisa Material Konstruksi dalam upaya memenuhi bangunan berkelanjutan”. Rekayasa Sipil vol. 4 no. 3. pp. 195-203, 2012.

Zulkibli, N. Rasidi, dan A. K. Arifianto. “Hubungan Antara Pengelolaan, Pengendalian Sisa Material Dengan Biaya Dan Waktu Penyelesaian Pembangunan Gedung Psik Di Universitas Tribhuwan Tunggadewi Malang”. eUREKA: Jurnal Penelitian Teknik Sipil dan Teknik Kimia : vol. 1, no. 2. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i4.9488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats