Analisis Kebutuhan Perkuatan Geotextile untuk Tinggi Timbunan Badan Jalan yang Bervariasi di atas Tanah Lunak Pada Kondisi dengan dan tanpa Pemasangan PVD (Prefabricated Vertical Drain)

Rohmahillah Aviskanasya Septiandri, Indrasurya B. Mochtar, Yudhi Lastiasih

Abstract


Kebutuhan perkuatan geotextile dipengaruhi oleh kondisi tanah dasar itu sendiri. Perbedaan kondisi tanah dasar ketika dengan pemasangan PVD (Prefabricated Vertical Drain) dan tanpa pemasangan PVD terletak pada daya dukungnya. Daya dukung tanah dasar dengan pemasangan PVD lebih tinggi daripada tanpa pemasangan PVD, hal tersebut dikarenakan kenaikan harga Cu sebagai akibat pemampatan konsolidasi sehingga mempengaruhi jumlah kebutuhan perkuatan geotextile. Pada geotextile dengan Tult yang sama, kebutuhan jumlah perkuatan geotextile dengan pemasangan PVD lebih sedikit daripada tanpa pemasangan PVD, sedangkan pada geotextile dengan Tult yang bervariasi terdapat batasan untuk kondisi tanpa pemasangan PVD. Pada kondisi tanpa pemasangan PVD, semakin tinggi timbunan maka Tult geotextile yang digunakan semakin tinggi, sedangkan untuk kondisi dengan pemasangan PVD, Tult geotextile yang digunakan untuk semua variasi tinggi timbunan dalam penelitian ini minimal 50 kN.

Keywords


daya dukung; geotextile; kuat tarik maksimum (Tult); prefabricated vertical drain (PVD)

Full Text:

PDF

References


A. Prasetio and A. Prihatiningsih, “Analisis Penggunaan Prefabricated Vertical Drains (PVD) pada Tanah Lempung Lunak yang Terdapat Lapisan Lensa,” J. Mitra Tek. Sipil, vol. 3, no. 1, pp. 119-134, Feb. 2020.

Direktorat Jenderal Bina Marga, “Manual Desain Perkerasan Jalan,” Jakarta Kementeri. Pekerj. Umum, 2017.

H. Widhiarto, L. E. Fatmawati, and M. Beatrix, “Pengaruh PVD (Prefabricated Vertical Drain) Dalam Mempercepat Proses Konsolidasi Pada Konstruksi Taxiway Di Bandara Juanda Surabaya,” J. Hasil Penel. LPPM Untag Surabaya, vol. 3, no. 2, pp. 74-82, Jan. 2018.

I. B. Mochtar, Teknologi Perbaikan Tanah dan Alternatif Pada Tanah Bermasalah (Problematic Soils). Surabaya: Jurusan Teknik Sipil FTSP ITS, 2002.

N. Endah, Modul Ajar Metode Perbaikan Tanah. Surabaya: Jurusan Teknik Sipil FTSP ITS, 2012.

A. D. Isbusandi, M. Widiastuti, and H. Sutanto, “Analisis Pengaruh Penggunaan Geotekstil Terhadap Peningkatan Daya Dukung Fondasi Dangkal pada Tanah Lempung Di Kota Samarinda,” J. Tekno. Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 1-9, Nov. 2018.

F. X. Ndale, “Penggunaan Geotextile Sebagai Bahan Bangunan,” J. Tekn. Univ. Flores, vol. 6, no. 2, pp. 1-10, Oct. 2018.

D. Surachmat, H. Wijaya, and A. Kawanda, “Analisis Penurunan Tanah Dengan Menggunakan Geotekstil pada Timbunan,” J. Mitra Tek. Sipil, vol. 2, no. 4, pp. 197-202, Nov. 2019.

N. Azizah, et. al., “Penggunaan Geotekstil pada Lereng Sungai Gajah Putih Surakarta,” Surakarta: Jurusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret, 2014.

M. K. Z. Lubis and K. Lubis, “Evaluasi Perbaikan Tanah Menggunakan Geotekstil Untuk Meningkatkan Stabilitas Tanah Lapisan Subgrade Pekerjaan Jalan,” J. of Civ. Eng., Build. and Transp., vol. 3, no. 2, pp. 40-48, Sep. 2019.

P. A. Tay, “Analisis Perkuatan Geotekstil pada Timbunan Konstruksi Jalan dengan Plaxis 2D,” Surabaya: Jurusan Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, 2014.

M. D. Ardana and I. B. Mochtar, “Pengaruh Tegangan Overburden Efektif dan Plastisitas Tanah terhadap Kekuatan Geser Undrained Tanah Lempung Berkonsistensi Sangat Lunak Sampai Kaku yang Terkonsolidasi Normal,” Surabaya: Thesis Jurusan Teknik Sipil FTSP-ITS, 1999.

A. Kosasih and I. B. Mochtar, “Pengaruh Kadar Air, Angka Pori, dan Batas Cair Tanah Lempung Terhadap Indeks Pemampatan Konsolidasi Cc dan Indeks Pengembangan Cs,” Surabaya: Thesis Jurusan Teknik Sipil FTSP-ITS, 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i3.9504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats