Perancangan Ulang Halte Bus Pada Kawasan Urban dengan Pendekatan Parametrik Bentuk Belah Ketupat dengan Daun Pegagan (Studi Kasus: Halte Bus City Tour Sarinah)

Widya Rachma, Irwana Zulfia Budiono, Sherina Putri, Suci Asri Dwiforessa

Abstract


Kota Jakarta merupakan kotanya pusat perbelanjaan yang membuat area tersebut memerlukan layanan transportasi, salah satunya Bus City Tour. Oleh sebab itu, area ini harus memiliki fasilitas yang memadai agar dapat menarik para turis untuk berkunjung ke Jakarta, yaitu dengan cara meningkatkan fasilitas halte bus agar pengguna halte merasa aman dan nyaman pada saat berada di Halte bus tersebut. Namun Halte Bus City Tour yang terdapat di Sarinah memiliki desain yang tidak sesuai dengan lingkungan sekitar berupa banyak gedung yang sudah maju dan berkembang. Oleh karena itu, perancangan ulang halte bus ini dilakukan untuk menciptakan halte bus yang sesuai dengan lingkungan sekitar agar menarik para wisatawan untuk berwisata dengan menikmati fasilitas transportasi umum dengan aman dan nyaman. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode Parametrik Kualitatif yang mencakup kajian pustaka, observasi, kuesioner, dokumentasi, analisa, dan studi banding serta menggunakan computational design thinking dengan menggunakan metode abstraksi bentuk daun pegagan yang dikombinasikan dengan bentuk belah ketupat yang ada pada Gedung Sarinah. Media yang dipakai berupa software sketchup beserta plug-in nya. Perancangan ini bermanfaat untuk meningkatkan fasilitas dari segi keamanan, kenyamanan dan estetika pada halte serta penelitian juga bisa menjadi sumber pembelajaran dan sebagai acuan studi interior. Sehingga hasil perancangan ulang halte bus dapat memberikan desain halte yang menarik para wisatawan serta dapat berfungsi lebih optimal.

Keywords


Perancangan Ulang; Halte; Bus City Tour; Jakarta

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v7i1.12110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi