Perancangan Interior Ruang Guru SMAK St. Louis 1 di Surabaya dengan Konsep Fleksibilitas dalam Era New Normal

Carolina Ariella, Felecia Benedicta

Abstract


Ruang guru merupakan tempat guru untuk bekerja melakukan aktivitasnya yaitu kegiatan administrasi guru. Sistem bekerja pada ruang guru berkembang sesuai dengan pola aktivitas dan kebutuhan penggunanya sehingga kebutuhan ruang kerja juga mengikuti kebutuhan aktivitas penggunanya. Beberapa masalah seperti, perubahan sistem bekerja saat pandemi, sirkulasi yang kurang nyaman, kebutuhan storage yang belum mencukupi, dan citra dari ruang guru belum menonjol menjadi masalah yang dihadapi penggunanya. Re-desain interior bangunan cagar budaya pada ruang guru SMAK St. Louis 1 kali ini bertujuan, agar masalah-masalah yang dihadapi pengguna dapat diatasi dan menjamin kenyamanan guru dalam melaksanakan aktivitasnya pada pasca COVID-19 atau New Normal. Yang menjadi tantangan berikutnya adalah, bangunan ini merupakan bangunan cagar budaya yaitu, peninggalan dari kolonial Belanda dengan gaya arsitekturnya Art Nouveau dan Art Deco yang menjadi acuan untuk gaya desain interiornya. Batasan atau peraturan dalam revitalisasi bangunan cagar budaya juga menjadi tantangan dalam perancangan kali ini. Proyek redesain menggunakan metode analisis seperti Design Thinking dengan tahapan; Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test.

Keywords


Re-desain Interior; Interior; Ruang Guru; Workspace; Cagar Budaya

Full Text:

PDF

References


Augustin, Sally. (2009). Place Advantage Applied Psychology for Interior. Architecture, Canada : John Wiley and Sons INC.

International Labour Organization. (2020). Dalam menghadapi pandemi: Memastikan Keselamatan dan Kesehatan dan di Tempat Kerja. Labour Inspection and Occupational Safety and Health Branch, Switzeland.

Gie, The Liang. (2012). Administrasi Perkantoran Modern, Edisi Keempat (Dengan Tambahan). Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Handinoto. (1996). Perkembangan Kota dan Arsitektur Kolonial Belanda di Surabaya (1870-1940). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Neufert, Ernst. (2002). Data Arsitek Jilid II Edisi 33, Terjemahan Sunarto Tjahjadi. Jakarta: PT. Erlangga.

Mulyadi, Lalu. (2018). Model Pengelolaan Bangunan Bernilai Sejarah di Kota Malang Berbasis Konservasi Arsitektur. Jawa Timur: Dream Litera Buana.

Pile, John F. (1969). Interior Second Book of Offices. New York: Whitney Library of Design.

Sully, Anthony. (2012). Interior Design: Theory and Process. London: A&C Black Publishers.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v7i1.12990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi