Perancangan Interior Sekolah Dasar Katolik Santa Angela di Surabaya dengan Pendekatan Student Centered Learning dalam Kurikulum Merdeka

Carolina Ariella, Hedy Constancia Indrani

Abstract


Sekolah merupakan tempat peserta didik untuk menempuh pendidikan. Pendidikan di sekolah tidak lepas kaitannya dengan kurikulum. Kurikulum di Indonesia saat ini mengalami perubahan dengan menggunakan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum modern yang memiliki pendekatan Student Centered Learning. Perubahan kurikulum dan metode pembelajaran akan berdampak pada perubahan aktivitas pengguna di dalamnya. Sekolah Dasar Katolik (SDK) Santa Angela di Surabaya menempati gedung sekolah yang didirikan sejak tahun 1980 dan masih digunakan hingga sekarang. Saat ini, interior ruang kelas masih nampak menggunakan kurikulum konvensional yaitu teacher centered learning, sehingga perlu dilakukan penyesuaian kebutuhan ruang terhadap perubahan metode pembelajaran yang baru. Untuk itu, perancangan interior ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi pengguna khususnya siswa Sekolah Dasar dan guru dalam menerapkan metode pembelajaran Project Based Learning dan Blended Learning yang digunakan sekolah tersebut dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Batasan area yang dirancang adalah lantai satu, karena menjadi pusat area yang berkaitan dengan proses belajar dan mengajar. Perancangan interior yang menggunakan metode Design Thinking ini menghasilkan solusi desain berupa konsep desain dan implementasinya di dalam ruang untuk menjawab permasalahan yang ditemukan.


Keywords


Desain Interior; Sekolah Dasar; Kurikulum Merdeka; Student Centered Learning; Project Based Learning; Blended Learning

Full Text:

PDF

References


Amalia Dwi Pertiwi, dkk. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022: 8839-8848.

Ati Rosidah, PTP LPMP DKI Jakarta. (2020). “Merdeka Belajar” Melalui Model Pembelajaran Blended Learning. [Online, diakses tanggal 19 Februari 2023]. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/merdeka-belajar-melalui-model-pembelajaran-blended-learning/.

Augustin, Sally. (2009). Place Advantage Applied Psychology for Interior. Architecture, Canada : John Wiley and Sons INC.

Azhar. (2020). Perkembangan Kurikulum di Indonesia dari Klasik ke Modern. Vol 2 No 2 (2020): Fitrah: International Islamic Education Journal: 104-124.

De Chiara, Joseph., dan John Callender. (1980). Time-Saver Standards For Building Types. Edisi II. New York: McGraw-Hill, Inc.

Dewi, Kadek Cahya, dkk. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi. Swasta Nulus: Denpasar, Bali.

Hasanatul Hamidah, dkk. (2020). HOTS-Oriented Module: Project-Based Learning. Seameo Qitep in Language: Jakarta Selatan, Indonesia.

KBBI. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online, diakses tanggal 19 Februari 2023]. https://kbbi.web.id/kurikulum.

Kemenpppa. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Lueder, Rani. Rice, Valerie J. Berg. (2008). Ergonomics For Children Designing Products And Places For Toddlers To Teens. Taylor & Francis Group, LLC: United States of America.

Neufert, Ernst. (2002). Data Arsitek Jilid II Edisi 33, Terjemahan Sunarto Tjahjadi. Jakarta: PT. Erlangga.

Panero, Julius, dan Martin Zelnik. (2003). Dimensi Manusia & Ruang Interior. Jakarta: Erlangga.

Sari, Sriti Mayang. (2004). Peran Warna Interior Terhadap Perkembangan Dan Pendidikan Anak Di Taman Kanak-Kanak. Dimensi Interior, Vol. 2, No. 1, Juni 2004: 22 – 36.

Susanto, dkk. (2019). Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v8i2.17188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi