Analisis Kebisingan Arus Lalu Lintas terhadap Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMA Swasta Surabaya
Abstract
Kebisingan yang terjadi di kehidupan sehari-hari umumnya berasal dari industri, kereta api, pesawat terbang, dan lalu lintas jalan raya. Namun dewasa ini, jalan raya adalah sumber utama kebisingan. Hal ini dikarenakan kebisingan dari jalan raya memiliki dampak yang menyeluruh, sementara yang lain hanya bersifat lokal yang artinya hanya pada daerah-daerah tertentu. Aktivitas manusia baik di luar maupun di dalam bangunan pada area yang berdekatan dengan jalan raya, sangatlah potensial menjadi korban kebisingan. Kebisingan akan berakibat menurunnya mendengar dan turunnya konsentrasi belajar pada anak. Sekolah khadijah merupakan salah satu sekolah yang sangat terganggu dengan adanya kebisingan arus lalu lintas. Letak sekolah yang langsung berhadapan dengan jalan raya sangat menimbulkan kebisingan. Dari hasil pengukuran tingkat tekanan bunyi (SPL) kebisingan yang diakibatkan arus lalu lintas mencapai 87 dB. Besarnya NC (Noise critera) diarea parkir sekolah mencapai 78 dB, sedangkan di area dalam sekolah Nilai NC mencapai 70 dB . Padahal menurut baku tingkat kebisingan untuk sekolah adalah 55 dB. Berdasarkan analisis nilai noice reduction (NR) pada muka dinding ruang kelas di SMA Swasta Surabaya yang diperoleh cukup bagus, tapi perlu untuk melakukan beberapa perbaikan, pertama adalah pemberian bahan isolasi di lorong/ depan yang berhubungan langsung dengan sumber kebisingan. Perbaikan yang kedua adalah dengan perbaikan pada engsel pintu dan celah jendela yangcukup besar.
ABSTRACT
Noise that we experienced daily are mainly caused by industry, train, plane, and traffic activity. Nowadays, traffic are the min cause for noise, because the noise caused by traffic have systemic cause, meanwhile other source of noise are rather local. Anyone that have activity whether its outside or inside a building near a traffic dense road will be affected by the noise. Noise will affect to the deteriorating of the hearing and child concentration. Khadijah school is one of the school that heavily affected by traffic noise. The school sit near a heavy traffic road, which caused a lot of noise. From the sound pressure level (SPL), the noise caused by the traffic reached 87 dB. The noise criteria (NC) in the parking area of the school reach 78 dB, while inside the school the NC reach 70dB. While according to some research and regulation, the NC in school area should be around 55dB. By analyzing the faade of the classroom wall, its found that the wall have great noise reduction. The faade is made from double wood door with 3cm thickness, 3mm glass windows, and brick wall with 10cm thickness. The material used in the building are up to standard, but it need some adjustment. The first adjustment should be adding an insulation material on the hallway that connected directly to the noise source the second adjustment should be minimalizing the gap in the door and windows by using a rubber so that the noise couldnt pass through the gap.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rosidah, Studi Kejadian Hipertensi Akibat Bising Pada Wanita yang tinggal di Sekitar Lintasan Kereta Api di Kota Semarang, Tesis, Magister Kesehatan Lingkunngan Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang, 2004.
Ikron, dkk, Pengaruh kebisingan lalu lintas terhadap gangguan kesehatan psikologis anak SDN Cipinong Muara kecamatan. Jatinegara, kota Jakarta Timur Propinsi DKI Jakarta, Makara, Kesehatan, 11(1), FKM Universitas UI, (2007).
L.L. Beranek, Acoustic (Amer Inst of Physics, 1960).
D.P. Sasongko, H. Agus H., Kebisingan lingkungan (Badan penerbit UNDIP Semarang, 2000).
Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor: 48/ MENLAH/ 11/1996 tahun 1996.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v13i1.2131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.