Karakteristik Akustik Ruang Sidang Jurusan Fisika FMIPA-ITS sebagai Ruang Konferensi

Suyatno Suyatno, Susilo Indrawati

Abstract


Nilai parameter akustik yang dibutuhkan sebuah ruang untukruang konferensi adalah kekerasan suara serta kejernihan suara yang diterima oleh masing-masing peserta. Untuk mendapatkan kuantifikasi parameter tersebut, diperlukan pengukuran distribusi parameter akustik meliputi SPL, C80, D50, dan RT. Pengukuran distribusi SPL dilakukan dengan menggunakan sumber suara berupawhite noise dari loudspeakeryang ditempatkan di posisi pimpinan (depan) dan penerima (dalam hal ini mikrofon) di area penonton. Sementara untuk pengukuran RT, C80 dan D50, dilakukan dengan menyediakan sumber suara mantap dengan tingkat 100 dB atau sumber respons impulsdi depan. Sebagai ruang untuk rapat(konferensi), ruang yang memiliki dimensi 10 m x 14 m diharapkan setiap peserta yang hadir akan menerima suara langsung dari sumber. Dari hasil pengukuran, diperoleh nilai parameter akustik ruang memiliki perbedaan nilai SPL antara posisi depan dan belakang mencapai lebih dari 8 dB, sementara untuk nilai parameter waktu dengung 1,0 1,28 s,C80 sebesar 1 4 dB dan D50 sebesar 41 55%. Nilai ini memenuhi prasyarat sebagai ruang konferensi, namun perlu adanya perbaikan terhadap distribusi parameter SPL. Untuk itu perlu adanya perlakuan khusus terhadap distribusi SPL agar menjadi merata. Pada akhirnya, semua peserta akan merasa nyaman saat menghadiri pertemuan atau kegiatan yang dilakukan di ruang tersebut.

Keywords


parameter akustik ruang, ruang konferensi, SPL, waktu dengung, kejelasan suara

Full Text:

PDF

References


Y. Ando, Architectural acoustics: Blending sound source, sound fields, and listener (Springer, 1998).

Y. Ando, Opera house acoustics based on Subjective preference Theory (Springer, 2015).

L. Beranek, How the sound; Concert and Opera House (Acoustics society of America, American Institute of Physics, 1996).

L. Beranek, Concert Hall and Opera House; Musics, Acoustics and Architecture (edisi ke-2, Springer, 2004).

L. Beranek, Journal Audio Engineering Society, 56(7/8) (2008).

M. Skalevik, Reverberation Time- the mother of all room acoustical parameters, Baltic Nordic Acoustics Meeting, Norwegia, 2010.

M.S. Ribeirio, Room Acoustic Quality Of A Multipurpose Hall: A Case Study, International conference: architectural acoustics and sound reinforcement, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v13i1.2133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.