Pemodelan Active Magneto-Pneumatics Suspension Sistem Shock Absorber Berbasis Magnet Nd-Fe-B sebagai Pengganti Sistem Pegas pada Kendaraan Bermotor

Dyah Sawitri, Yerry Susatio, Suko Bagus Trisnanto

Abstract


Telah diaplikasikan magnet sebagai sistem isolasi vibrasi (shock absorber) pada kendaraan bermotor sebagai pengganti sistem pegas yang memanfaatkan gaya tolak antara dua buah magnet sejenis.. Dilakukan pemodelan active magneto-pneumatic suspension untuk mengetahui performansi magnet melalui pendekatan analisisinterpretasi respon suspensi dan distribusi densitas fluks magnetik. Pemodelan terdiri atas model geometrik dan model matematik, terbagi atas komponen suspensi (magnet permanen Nd-Fe-B dan elektromagnet tersusun dalam konfigurasi serial-vertikal sesuai prinsip levitasi magnet berdasar polarisasi), dan komponen kontrol vibrasi (piezoelektrik beserta charge amplifier, PID voltage controller, dan power amplifier). Berdasarkan hasil simulasi, diperoleh bahwa magnet permanen Nd-Fe-B memiliki performansi yang cukup baik dalam sistem isolasi vibrasi pada kendaraan bermotor, ditunjukkan berdasarkan kapabilitasnya dalam mereduksi vibrasi melalui evaluasi transmisibilitas yang relatif kecil dan stabilitas respon suspensi yang relatif stabil. Desain tekanan pneumatik 0,125 bar dan kontrol umpan maju pada active magneto-pneumatics suspension didapatkan nilai transmisibilitas untuk fungsi profil lintasan sinusoidal yaitu 0,9%-7%, untuk fungsi profil lintasan bumb berkisar 6,5%-25% dan untuk fungsi profil lintasan random mencapai 2,5%.

Keywords


model active magneto-pneumatic suspensin; magnet permanent Nd-Fe-B

Full Text:

PDF

References


MAGCRAFT, Permanent Magnet Selection and Design Handbook (USA: MAGCRAFT Advanced Magnetic Materials, 2007).

T. Namerikawa, and M. Fujita, T.IEE Japan, 121-C (6) (2001.

K. Ogata, System Dynamics (Prentice Hall-Pearson Education

International, New Jersey-USA 1998).

S. Segla, and S. Reigh, S., Optimization and Comparison of Passive, Active and Semi-Active Vehicles Suspension System, 12th IFToMM World Congress, Besanon (France), June 18-21,2007.

R.W.P. Drever, Technique for Extending Interferometer Performance Using Magnetic Levitation and Other Methods, Proceedings of the International Conference of Gravitational Waves: Source and Detector, Cascina-Italy March 19-23, 1996.

H. Deo, and N.P. Suh, Pneumatics Suspension System with Independent of Control Damping, Stiffness and Ride Height, Proceedings of ICAD 2006 4th: International Conference on Association Design, Firenze June 13-16, 2006.

C. Ting-Kong, Design of An Adaptive Dynamics Vibration

Absorber (South Australia: Department of Mechanical

Engineering-The University of Adelaide, 1999).

U.S. Deshpande, Recent Advances in Materials for Use in Permanent Magnet Machines: a Review, In Proceedings of IEEE

Electric Machines and Drives Conference, IEMDC’03, Madison,

United States, 1-4 June 2003, Vol. 1, pp. 509-515, 2003.

Hitachi Metals, 2004. Product Catalogue: HILOP. Available at:

http://www.hitachimetals. co.jp/e/prod/prod03/pdf/hg-a17-e.pdf.

[cited 10 December 2004]. Available from Hitachi Metals Ltd,

Tokyo, Japan.

G.E. Fish, Soft Magnetic Materials, In Proceedings of the IEEE, Vol. 78, No. 6, pp. 947-972, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v9i1.834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.