Fabrikasi Polianilin-TiO2 dan Aplikasinya sebagai Pelindung Anti Korosi pada Lingkungan Statis, Dinamis dan Atmosferik

Andry Permana, Darminto Darminto

Abstract


Penggunaan logam dalam perkembangan teknologi dan industri sebagai salah satu material penunjang sangat besar peranannya, akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari banyak faktor yang menyebabkan daya guna logam ini menurun. Salah satu penyebab hal tersebut adalah terjadinya korosi pada logam. Guna untuk mengatasi permasalahan penurunan fungsi logam karena korosi, maka dilakukan penelitian pembuatan komposit anti korosi dalam hal ini adalah Polianilin (PANi)-TiO2 dengan menggunakan media cat sebagai binder. Komposisi pengisi bervariasi dengan persentase 10%, 15% dan 20% dan penelitian dilakukan pada 3(tiga) macam lingkungan yaitu statis, dinamis dan atmosferik. Perhitungan laju korosi dilakukan dengan menggunakan metode kehilangan massa, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan komposit PANi-TiO2 dengan variasi konsentrasi ternyata memiliki ketahanan korosi yang lebih baik daripada hanya digunakan cat sebagai pelapis anti korosi.

Keywords


PANi; TiO2; anatase; korosi;

Full Text:

PDF

References


Van Vlack. L, Ilmu Bahan dan Teknologi Bahan (Ilmu Logam dan Bukan Logam), (Edisi kelima, diterjemahkan oleh Sriati Djaprie, Jakarta. Erlangga, 1984).

Irfa, RA., Sintesis Polianilin Pengaruh Konsentrasi dan Jenis Asam Dopan terhadap Konduktivitas Listrik Polianilin, Laporan Tugas Akhir Jurusan Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 1995.

Pradhana. I Gusti Bagus Astu, Sintesis Nano Polianilin-Fe3O4 Dan Karakterisasi Sifat Listrik Dan Magnetiknya, Laporan Tugas Akhir Jurusan Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2009.

Permana Andry, Sintesis Bahan Nanokomposit Polianilin(Pani) - TiO2 Dan Karakterisasinya Sebagai Pelapisan Tahan Korosi, Laporan Tugas Akhir Jurusan Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2010.

Sathiyanarayanan. S., Synthetic Metals, 157, 205-213 (2007).

Castro, A.L, Nunes M.R, Carvalho A.P., Solid State Science, 10, 205-213, (2008).

Asrori. M. Z, Fisika Polimer, (Lecture note, Jurusan Fisika,

FMIPA, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2000).

Fontana Mars, Corrosion Engineering, (third edition. Mc Graw-Hill Book Company, Amerika, 1987).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v8i1.861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.