Pengenalan Plat Mobil Indonesia menggunakan Learning Vector Quantization

Lilik Anifah, Haryanto Haryanto, Mauridhi Heri Purnomo

Abstract


Pembacaan plat nomer Indonesia secara otomatis mempunyai peranan yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Contoh aplikasinya antara lain manajemen tempat parkir, monitoring lalu lintas, pembacaan plat nomer pada pembayaran di jalan tol. Tujuan paper ini adalah untuk mengenali karakter pada plat nomer Indonesia menggunakan Learning Vector Quantization (LVQ). Citra ditangkap oleh kamera dan mengalami preprosessing sebagai berikut: image diresize 0,6 kali dari citra asli, deteksi tepi menggunakan sobel, pixel pada image yang berjarak kurang dari 10 pixel, noise dihilangkan, mengindex semua objek yang merupakan kandidat plat nomer. Segmentasi dari plat menggunakan Metode Moment. Plat yang telah disegmentasi dinormalisasi
sehingga mempunyai ukuran yang standart 600 x 1000 pixel. Seluruh objek diindeks dan dicari kandidat yang merupakan karakter plat nomer, kemudian disegmentasi menggunakan metode moment dan dinormalisasi menjadi 10 x 20 pixel. Karakter yang telah standart dikenali menggunakan LVQ.

Keywords


segmentasi; plat nomor Indonesia; metode Moment; LVQ

Full Text:

PDF

References


Ron, Erez. A Real-Time Vechicle Licence Plate Recognition (LPR) System (Ollendorf Research Center, 2002)

Ozbay, Ercelebi.Automatic Vechicle Identification by Plat Recognition (Transactions on Engineering, Computing and Technology V9 November ISSN 1305-5313, 2005)

Parker, Feder, An Approach to Licence Plate Recognition (University of Calgary, 1996)

Acosta.Experiments in Image Segmentation for Automatic US Licence Plate Recognition (Virginia Polytechnic Institute and State University, 2004)

Resmana Lim, Lukman Vendy W., Kartika Gunadi, Sistem Pengenalan Plat Nomor Mobil Dengan Metode Principal Components Analysis, Jurnal Teknik Elektro Universitas Kristen Petra, Vol. 3, Mar (2003)

Munir, Rinaldi.Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik (Penerbit Informatika, 2004)

Mori, Nishihida, Yamada. Optical Character Recognition (John Willey and Son, 1999)

Wibawa, Pengolahan Citra Iris dengan Menggunakan SOM untuk Mendeteksi secara Dini Gangguan pada Organ Pankreas sebagai Penyebab Timbulnya Penyakit Diabetes Melitus, ITS Surabaya. 2005

Berlangga, Besada, dkk. Optimizing Statistical Character

Recognition Using Evolutionary Strategies to Recognize Aircraft Tail Number EURASIP Journal on Applied Signal Processing. 2004.

Anifah, Purnomo Heri, Character Segmentation for License Plate of Indonesian Car Using Indexing Method and Morfology Filter, The 4th International Conference TSSA 2007 Bandung, 2007.

Kohonen, Self Organizing Maps (Springer Verlag Berlin ,

www. Wikipedia.org




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v5i1.929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.