Menghitung Distribusi Tekanan Udara dan Gaya Hambat Kepala Pesawat BOEING 777-200

Djoko Poernomo, Satwiko Sidopekso, Tri Susilo

Abstract


Pesawat terbang akan mengalami beberapa gaya akibat adanya distribusi tekanan udara yang terjadi disekitar pesawat. Salah satu gaya yang bekerja adalah gaya hambat (drag). Distribusi tekanan udara tidak hanya dipengaruhi oleh bentuk dari benda tetapi dipengaruhi sudut serang yang terbentuk antara aliran udara dengan benda dan juga kecepatan aliran udara. Dengan menggunakan terowongan angin Suryadarma Low Speed Tunnel
WT-400, dilakukan pengujian terhadap kepala pesawat Boeing 777-200 terhadap perubahan sudut serang dan kecepatan aliran. Sebagai perbandingan dilakukan pula pengujian terhadap dua benda yang berbeda.

Keywords


distribusi tekanan udara; gaya hambat

Full Text:

PDF

References


Anderson,John D., Fundamentals of Aerodynamics (Mc-Graw Hill Inc., New York, 1991)

Anderson,John D., Computational Fluid Dynamics (Mc-Graw

Hill Inc., New York, 1991)

Bertin, J. J. & Smith, M.L., Aerodynamics For Engineers

(Prentice-Hall Inc, New Jersey, 1989)

Currie, I.G., Mechanics of Fluids (Mc-Graw Hill Inc., New

York, 1993)

Garde,R.J. & A.G. Mirajgacker, Engineering Fluid Mechanics (NEM Chand & Bros. India, 1983)

Hoerner, Sighard F., Fluid-Dynamic Drag (Gibbs & Cox, Inc., New York City, 1965)

Mathews, John H., Numerical Methods (Prentice Hall Inc. New York, 1992)

McCormick, Barners W., Aerodynamics, Aeronautics, And

Flight Mecanics (John Wiley & Sons Inc, Canada, hlm. 50-51,

NASA. 2002. Incompressible Flow Around A Cylinder and

A Wing Section (2002) http://www.allstar.fiu.edu/ aeronautic/fluidynamics/level3, 27 Mei 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v5i1.930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.