Analisis Data Well Log (Porositas, Saturasi Air, dan Permeabilitas) untuk menentukan Zona Hidrokarbon, Studi Kasus: Lapangan ”ITS” Daerah Cekungan Jawa Barat Utara

Deni Irawan, Widya Utama, Totok Parafianto

Abstract


Data log sumur dipakai antara lain untuk analisa penyebaran cadangan hidrokarbon dan analisa produksi hidrokarbon tentu saja terintegrasi dengan data seismik, yang menunjang upaya penentuan arah eksplorasi selanjutnya dan produksi pada sumur tersebut. Dalam kajian ini, dilakukan penentuan zona yang terisi hidrokarbon pada lapangan “ITS” di cekungan Jawa Barat sebelah Utara. Data yang digunakan adalah data log GR,
log SP, log resistivitas, log neutron, log densitas, dan data master log. Penetuan kondisi litologi pada zona interest dilakukan dengan menggunakan data master log dan metode crossplot NPHI-RHOB. Perhitungan nilai porositas effektif dilakukan melalui integrasi dari analisa data log densitas, log neutron, dan log GR. Nilai resistivitas air (Rw) ditentukan melalui metode Rwa dan saturasi air dengan menggunakan persamaan Archie, untuk memperoleh nilai saturasi air Sw. Melalui persamaan Tixier dengan asumsi Swirr-Sw dapat ditentukan nilai permeabilitas lapisan, yang dapat dibuat peta-peta: top struktur, porositas, saturasi air, dan permeabilitas. Dari hasil analisis data didapatkan nilai porositas tertinggi 17,57 % pada sumur ITS-24, saturasi air terendah 32,84 % pada sumur ITS-05, permeabilitas tertinggi 90955,1 md dan tebal netpay tertinggi 56 meter pada sumur ITS-06.

Keywords


log analisis; porositas; saturasi air; permeabilitas; netpay

Full Text:

PDF

References


Arpandi, D., Patmosukismo, S., The Cibulakan Formation as One of the Most Prospective Stratigraphic Units in the Northwest Java Basinal Area, IPA Proceeding, Vol 4th Annual Convention, Jakarta, 1975.

Budiyani, S., Priambodo, D., Haksana, B.w., Sugianto,P., Konsep Eksplorasi Untuk Formasi Parigi di Cekungan Jawa Barat Utara, Makalah IAGI, Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-20, Jakarta, 1991.

Harsono Adi, Evaluasi Formasi dan Aplikasi Log, Edisi Revisi 8 Mei 1997, Shlumberger Oil Services, 1997.

Koesoemadinata. R.P., Geologi Minyak dan Gas Bumi (Edisi kedua, Jilid 1 dan 2, Penerbit ITB, Bandung, 1980).

Martodjojo, S., Evolusi Cekungan Bogor (Penerbit ITB, Bandung, 2003)

Reynolds, J.M., An Introduction to Applied and Environmental Geophysics (Jhon Wiley & Sons, 1997).

Serra, 0., Sedimentary Environment from Wireline Logs (Imprimerie Louis Jean, Schlumberger, France, 1989).

Schon, J.H, Physical Properties of Rock (Institute of Applied Geophysics Leoben, Austria, 1998).

Tearpock, D.J., Bischke, R.E., Applied Subsurface Geological Mapping (Houston, USA, 1982).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v5i1.935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.