Analisis Kualitas Aset Fisik Pasar Tradisional di Kabupaten Garut (Studi Kasus Pada Pasar Cilimus, Pasar Cibodas dan Pasar Cisurupan)

Salma Raisani, Tri Setyowati

Abstract


Pasar tradisional menjadi salah satu sumber kekayaan daerah sehingga pengelolaan asetnya perlu diperhatikan. Pemerintah Kabupaten Garut memiliki lima belas pasar tradisional yang dikelola langsung, dimana fasilitas tiga pasar tradisionalnya yakni Pasar Cilimus, Pasar Cibodas, dan Pasar Cisurupan belum terjamah perbaikan serta pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aset fisik pasar berdasarkan teori kualitas pasar dari Suryani dkk (2019), Morenikeji dkk (2020), serta Siregar dkk (2021) yang dilengkapi oleh SNI Nomor 8152 Tahun 2021 Tentang Pasar Rakyat. Teori kualitas pasar ini meliputi dimensi Aksesibilitas, Zonasi, Sarana, dan Prasarana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner dengan teknis pengambilan sampel non-probability. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa Pasar Cilimus, Pasar Cibodas, dan Pasar Cisurupan dalam dimensi aksesibilitas ada pada kategori cukup dengan kondisi jalan baik namun terbatas waktu transportasi serta akses masuk tidak ramah disabilitas, dimensi zonasi dalam kategori tidak baik karena tidak ada zonasi pedagang, dimensi sarana dalam kategori cukup dengan ketersediaan beberapa fasilitas namun kondisinya belum memadai, dan prasarana dalam kategori cukup dengan beberapa kondisi aset yang kurang layak dan fasilitas yang tidak tersedia lainnya.


Full Text:

PDF

References


Adamec, M., Attebury, G., Bloom, K., Bockelman, B., Lundstedt, C., Shadura, O., & Thiltges, J. (2021). “Coffea-Casa: An Analysis Facility Prototype”. In EPJ Web of Conferences (Vol. 251, p. 02061). EDP Sciences.

Ardiansah, A. T., Nisworo, S., & Pravitasari, D. (2021). “Perencanaan Elektrikal Pasar Induk Kabupaten Wonosobo:. Theta Omega: Journal Of Electrical Engineering, Computer And Information Technology, 2(2), 19-25.

Disdukcapil 2020. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut tahun 2020.

Hartiningtyas, H. (2005). Persepsi Masyarakat Terhadap Tingskat Pelayanan Fasilitas Pasar (Studi Kasus: Pasar Kutoarjo, Kabupaten Purworejo). Universitas Diponegoro.

Maharani, C. (2020). “Penataan Ruang Dagang Pada Perancangan Pasar Wisata Kota Batu”. AGORA: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Arsitektur Usakti, 18(1), 30-38.

Morenikeji, T. O., Olokunlade, O. G., Folorunso, T. D., Akinsemoyin, Z. O., & Awodumi, O. E. (2020). Appraisal of Market Structure: An Empirical Study of Aleshinloye Market, Ibadan. Nigeria.

Pedoman Standar Toilet Umum Indonesia tahun 2019.

Putri, A. F. (2022). Strategi Unit Pelaksana Teknis Pasar Induk Dalam Mengembangkan Pemanfaatan Fasilitas Pasar Dan Pemeliharaan Bangunan Pasar Di Sangatta Kabupaten Kutai Timur.

Rosni, R., Arif, M., & Herdi, H. (2017). “Analisis Kondisi Sarana Dan Prasarana Pasar Tradisional Kampung Lalang Di Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan”. Jurnal Geografi, 8(2), 113-123.

Siregar, R. W., Marisa, A., & Fachrudin, H. T. (2021, May). “Analysis Traditional Market Condition From Functional Aspects, Case Study Sukaramai Traditional Market Medan”. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 780, No. 1, p. 012042). IOP Publishing.

SNI 8152. SNI 8152 tentang Pasar Rakyat Tahun 2021.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Suryani, Y., & Rinaldy, R. (2019). “Penilaian Masyarakat terhadap Kondisi Eksisting Pasar Tradisional yang Dikelola oleh Pemerintah Kota Padang”. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 13-29.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v7i2.20769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.