Kajian Kualitas Kawasan Permukiman Kumuh (Studi Kasus: RW 06 Kelurahan Jatipulo, Jakarta Barat)

Alimuddin Alimuddin, Rulhendri Rulhendri, Muhamad Lutfi, Nurul Chayati, Ilham Bintang

Abstract


Peningkatan mutu dan fungsi perumahan dan permukiman perlu dilakukan dengan tujuan untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan perumahan kumuh dan permukiman kumuh sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman. Menyikapi hal ini, Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Administrasi Jakarta Barat berencana mengubah suatu kawasan di RW 06 Kelurahan Jatipulo, Jakarta Barat menjadikan layak huni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data kondisi eksisting lingkungan, potensi lingkungan, permasalahan lingkungan dan penataan lingkungan untuk menanggulangi dan mengurangi tingkat kekumuhan serta mewujudkan suatu kawasan yang tertata sesuai dengan peruntukan lahan di lingkungan perumahan dan permukiman dilihat dari aspek fisik lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survei dan wawancara melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan mengumpulkan data berupa data primer dan data sekunder. Dari penelitian ini diketahui bahwa kondisi eksisiting ditemukan pencemaran lingkungan, jaringan jalan lingkungan yang rusak, drainase yang kurang memadai, tidak ada proteksi kebakaran, pengolaan sampah yang kurang memadai, serta tidak ada penerangan jalan umum (PJU) dan ruang terbuka hijau/RTH. Perlunya penataan infrastruktur jalan, drainase, persampahan, rambu jalan dan penghijauan.


Full Text:

PDF

References


Adisasmita, R. (2005). Dasar-dasar Ekonomi Wilayah. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta

Alimuddin et all. (2020). “Environmental Impact Analysis on School Building Reconstruction (Case Study: SDN Sukatani 7, Depok City)”. Journal of Applied Geospatial Information. Vol. 4, No. 2. Hal. :379-389.

Bergel, E.E. (1955). Urban Sociology. McGraw Hill. USA.

Budihardjo, E. (1997). Tata Ruang Perkotaan. Alumni. Bandung

Daldjoeni, N. (1997). Seluk Beluk Masyarakat Kota. Alumni. Bandung

Firman, T. (1996). Pola Urbanisasi di Indonesia: Kajian Data Sensus Penduduk 1980 dan 1990. Dalam Aris Ananta dan Chotib. Mobilitas Penduduk di Indonesia. Lembaga Demografi FEUI dan Kantor Menteri Negara Kependudukan/BKKBN. Jakarta.

Herlianto. (1986). Urbanisasi dan Pembangunan Kota. Alumni. Bandung.

Direktorat Jenderal Cipta Karya. (1998). ”Kamus Tata Ruang. Direktorat Jenderal Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum bekerjasama dengan Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia”.

Menteri Permukiman & Prasarana Wilayah (2002). ”Kebijakan dan Strategi Nasional Perumahan dan Permukiman (KSNPP)”.

Nursyahbani, R., Pigawati, B. (2015). ”Kajian Karakteristik Kawasan Pemukiman Kumuh Di Kampung Kota (Studi Kasus: Kampung Gandekan Semarang)”. Jurnal Teknik PWK (Perencanaan Wilayah dan Kota). Vol. 4, No. 2. Program Studi S1 Perencanaan Wilayah, Universitas Diponegoro. Semarang.

PP (14/16). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Perumahan Dan Kawasan Permukiman.

Silas, J. (1990). Pembangunan Permukiman Bertumpu Pada Masyarakat. Gunadarma. Bandung.

Sobirin (2001). Distribusi Pemukiman dan Prasarana Kota: Studi Kasus Dinamika Pembangunan Kota di Indonesia. Universitas Indonesia. Jakarta.

Soemadi. (2011). Kebijaksanaan Pembangunan Pemukiman di Perkotaan dan Peremajaan Pemukiman Kumuh. Kantor Menteri Perumahan Rakyat. Jakarta.

Soerjono, S. (1985). Kamus Sosiologi. Rajawali. Jakarta.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). ”Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol.2, No.1, Maret 2018. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya.

Utomo, I. H. (2000). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Dalam Implementasi Proyek

Peremajaan Permukiman Kumuh Di Bantaran Sungan Kali Anyar

Mojosongo. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

UU (1/11). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v5i4.21565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.