Analisis Penerapan Kolam Retensi Sebagai Upaya Penanganan Banjir dengan Model 2-Dimensi

Daniel Martua, Dwita Sutjiningsih, Evi Anggraheni, Nurul Hamid

Abstract


Sungai Cipinang merupakan salah satu sungai yang mengalir pada wilayah Provinsi DKI Jakarta. Hampir setiap tahunnya Sungai Cipinang mengalami banjir dan luapan dari banjir tersebut menggenangi beberapa wilayah di DAS Cipinang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis terhadap genangan banjir yang terjadi pada wilayah studi baik dari segi luas dan dampak yang diberikan terhadap masyarakat dalam DAS Cipinang. Banjir yang terjadi pada DAS Cipinang disebabkan oleh kondisi DAS Cipinang yang telah mengalami perubahan dari tahun ke tahun serta kondisi dari Sungai Cipinang yang sudah tidak dapat melalukan debit hasil dari hujan dengan periode ulang yang sesuai dengan desain rencana dari Sungai Cipinang yaitu 50 tahunan. Luas genangan yang muncul akibat hujan tersebut kurang lebih 9% dari luas keseluruhan DAS. Untuk melakukan pemetaan genangan digunakan bantuan aplikasi Arc-GIS sebagai aplikasi analisis spasial, HEC-HMS sebagai aplikasi analisis hidrologi yang akan menghasilkan hidrograf banjir, dan HEC-RAS sebagai aplikasi analisis hidrolika yang akan menyimulasikan aliran serta menghasilkan peta genangan banjir 2-Dimensi. Dalam penelitian ini dilakukan analisis terkait salah satu upaya penanganan banjir pada DAS Cipinang berupa pembangunan kolam retensi berjumlah 16 buah kolam yang dapat menurunkan luas genangan yang terjadi sebesar 6% serta mengurangi kedalaman sebesar 20 cm dan durasi debit puncak yang terjadi.


Full Text:

PDF

References


Azkarini, L., Anggraheni, E., dan Sutjiningsih D., (2019). The influence of low impact development-best management practices implementation on surface runoff reduction: A case study in Universitas Indonesia catchment area. MATEC Web of Conference 276, 04007.

BBWS Ciliwung-Cisadene (2014). Laporan Akhir Review Desain Pengendalian Banjir Sungai Cipinang. Jakarta.

Chow, V. T. (1956). “Hydrologic Studies of Floods in the United State”. Int. Ass. Scientific Hydrol., 42, 134-170.

Chow, V. T. (1959). Open-Channel Hydraulics. McGrawl-Hill Book Company. New York.

Hydrologic Engineering Center. (2010). HEC-RAS River Analysis System, Hydraulic Reference Manual, Version 4.1, January 2010. Army Corps of Engineers. Davis: U. S.

Hydrologic Engineering Center. (2010). HEC-RAS River Analysis System, Applications Guide, Version 4.1, January 2010. Army Corps of Engineers. Davis: U. S.

Hydrologic Engineering Center. (2000). Hydrologic Modeling System HEC-HMS User's Manual 2000. Army Corps of Engineers. Davis: U. S.

Sosrodarsono, S., & Takeda, K. (2003). Hidrologi Untuk Pengairan. Pradnya Paramita. Jakarta.

United States. (1987). Design of small dams. U.S. Dept. of the Interior, Bureau of Reclamation. Washington, D.C.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v5i4.21567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.