Analisa Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya melalui Pendekatan Knowledge Discovery in Database
Abstract
Analisa karakteristik kecelakaan merupakan tahapan audit keselamatan jalan sebagai bagian manajemen operasional aset jalan. Melalui data kecelakaan terdahulu, informasi penting dan bermanfaat dapat diketahui. Studi bertujuan menganalisa karakteristik kecelakaan lalu lintas di Jl. Ahmad Yani Surabaya meliputi analisa situasi, identifikasi blackspot, faktor pemicu dan karakteristik kecelakaan. Metode yang digunakan adalah Knowledge Discovery in Databases dengan data mining didukung aplikasi SPSS dan RapidMiner. Baseline data diambil dari rekaman laka lantas Polrestabes Surabaya tahun 2015 s.d Agustus 2017. Hasil analisa menunjukkan peningkatan angka kecelakaan di Jl. Ahmad Yani paska dibangunnya frontage disebabkan oleh faktor kedisiplinan pengguna jalan. Tiga lokasi utama blackspot adalah sekitar Royal Plaza, pertigaan Margorejo dan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL). Analisa karakteristik kecelakaan mendapati beberapa hasil antara lain : 85,9% kecelakaan jamak; potensi kecelakaan terbesar pada hari Senin pukul 20:00-21:00; pihak terlibat kecelakaan didominasi sepeda motor (69,61%) ; dan 75,9% tingkat fatalitas masih rendah. Biaya kecelakaan meliputi biaya korban dan kerugiaan materiil selalu meningkat setiap tahun. Peningkatan terbesar tejadi pada kerugian materiil dari tahun 2015 ke 2016 (466,49%). Perhitungan total biaya kecelakaan selama periode pengamatan mencapai Rp. 10,78 Triliun. Oleh karenanya, audit keselamatan jalan dan tindakan pencegahan secara komprehensif (aspek teknis dan non teknis) perlu segera dilakukan.
Full Text:
PDFReferences
Agus, Supratman (2016). “Variabel untuk Prediksi Fatalitas Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan Karakteristik Demografi Wilayah dan Infrastruktur Jalan di Indonesia”. Jurnal Transportasi. Vol. 16, No. 3, Desember 2016, hal. 203-212.
Aribowo, Agus S. (2012). “Analisa Asosiasi Data Mining untuk Mengetahui Pola Kecelakaan Lalu Lintas”. Jurnal Telematika. Vol. 8, No. 2, Januari 2012, hal. 117-122.
Departemen Pekerjaan Umum (2005). Pedoman Perhitungan Besaran Biaya Kecelakaan Lalu Lintas dengan Menggunakan Metoda The Gross Output (Human Capital). Pd T-02-2005-B. DPU. Jakarta.
Indriastuti, A.K, Yessy F. dan Edy P. (2011). “Karakteristik Kecelakaan dan Audit Keselamatan Jalan pada Ruas Ahmad Yani Surabaya”. Jurnal Rekayasa Sipil. Vol. 5, No. 1, hal. 40-44.
Maimon, Oded dan Lior Rokach (2010). “Data Mining and Knowledge Discovery Handbook, Second Edition”. Springer. New York.
Pamungkas, Nur S. (2014). “Mengenal Perilaku Pengendara Kendaraan dalam Upaya Mencegah Terjadinya Kecelakaan di Jalan Raya”. Jurnal Teknis. Vol. 9, No. 1, April 2014, hal. 13-18.
Putri, Cahaya E. (2014). “Analisis Karakteristik Kecelakaan dan Faktor Penyebab Kecelakaan pada Lokasi Blackspot di Kota Kayu Agung”. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan. Vol. 2, No. 1, hal. 154-161.
Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Metro I Surabaya (2017). Laporan Hasil Penilikan Jalan Nasional PPK 22 : Surabaya-Waru, Periode Semester I 2017. Surabaya (tidak dipublikasikan).
Silwattananusarn, Tipawan dan Kulthida Tuamsuk (2012). “Data Mining and Its Applications for Knowledge Management : A Literature Review from 2007 to 2012”. International Journal of Data Mining and Knowledge Management Process (IJDKP). Vol. 2, No. 5, hal. 13-24.
Suprayitno, Hita (2015). “Traffic Flow Quality as Part of Network Quality for a Space Road Network”. Procedia Engineering. Vol. 125 (2015), hal. 564 570.
Tahir, Anas (2006). “Studi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surabaya”. Majalah Ilmiah Mektek. Vol. 8, No. 2, Mei 2016, hal. 91-99.
Widayanti, Ari, Ria Asih A.S. dan Hitapriya S. (2017). “Karakteristik Material Pembentuk Reclaimed Asphalt dari Jalan Nasional di Provinsi Jawa Timur”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas. Vol. 1, No. 1, Desember 2017, hal. 11-22.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v2i1.3767
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jumlah Pengunjung :
Flag Counter
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.