Pengaruh Suhu Bahan Campuran Terhadap Sifat dan Mutu Beton Dalam Pelaksanaan Drainase Jalan pada Daerah Terpencil di Provinsi Kalimantan Selatan

Hudan Rahmani, Akhmad Gazali

Abstract


Pelaksanaan pekerjaan beton memerlukan pengawasan dan penanganan khusus dalam pengujian bahan-bahan yang dipilih sebagai bahan campuran beton, agar terbentuk beton dengan kekuatan maksimum dan ekonomis. Untuk menggunakan beton sebagai bahan bangunan ada persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk sifat fisika agregat. Dalam kenyataan di lapangan akibat kurangnya pengawasan pengerjaan drainase jalan pada daerah terpencil di propinsi Kalimantan Selatan, sering dijumpai material campuran beton tidak terlindung dari panas matahari sehingga temperatur material tersebut naik dan temperature hasil adukannya juga ikut naik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan material campuran beton yang mengalami pemanasan sinar matahari secara langsung dibandingkan dengan material yang terlindung dari panas matahari. Metode eksperimen dilakukan terhadap 2 variasi sampel dengan mutu beton rencana yang sama K-225, berjumlah 20 buah sampel untuk tiap variasinya. Dari hasil pemeriksaan kuat tekan rata-rata dan kuat tekan karakteristik diketahui bahwa agregat yang bertemperatur tinggi akibat panas matahari mempengaruhi faktor air-semen yang mengakibatkan pengikatan semen tidak optimal. 


Full Text:

PDF

References


Amiruddin (2011). Pengecoran Beton Saat Cuaca Panas Akibat Sinar Matahari. Diakses 13 Agustus 2018, dari https://lenterakecil.com/penulisan-daftar-pustaka-dari-internet/

FT ULM (1995). Petunjuk Praktikum Beton. Laboratorium Struktur dan Bahan. Fakultas Teknik. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

SNI 03-2834-2000. Standar Nasional Indonesia 03-2834-2000 tentangTata Cara Pembuatan Rencana Campuran Beton Normal.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol. 2, No. 1, Maret 2018, Hal : 1-10.

Tanjung, Jafril (1995). Sifat-sifat Dasar Beton Mutu Tinggi. Laboratorium Bahan Konstruksi. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Andalas. Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v3i0.5354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.