Analisis Kinerja Operasional Ruas Jalan Satu Arah dengan Menggunakan Mikrosimulasi Vissim (Studi Kasus : Jalan Masjid Raya di Kota Makassar)

Hasmar Halim, Ismail Mustari, Aisyah Zakariah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja jalan satu arah menggunakan mikro-simulasi VISSIM dengan mengambil lokasi di Jalan Masjid Raya Kota Makassar. Sebelum melakukan simulasi, data diambil dalam bentuk volume lalu lintas, komposisi kendaraan dan kecepatan. Proses kalibrasi dapat dilakukan berdasarkan perilaku pengemudi yang diamati dengan trial and error menggunakan metode Geoffrey E. Havers (GEH) sementara proses validasi menggunakan uji statistik, uji "T". Uji coba dilakukan sampai nilai GEH yang dihasilkan mencapai< 5. Nilai ini diasumsikan bahwa hasil simulasi telah membentuk model yang dapat mereplikasi lalu lintas ke kondisi aktual. Hasil simulasi dengan perangkat lunak menunjukkan bahwa kecepatan jalan ini 28,37 km / jam, 27,08 km / jam, 28,04 km / jam dan 31,04 km / jam dalam km / jam, pagi, siang, sore dan malam. Hasil evaluasi kinerja lalu lintas jalan raya didasarkan pada kecepatan rata-rata dari hasil simulasi kendaraan menggunakan perangkat lunak VISSIM yang didominasi oleh tingkat layanan D.


Full Text:

PDF

References


Bolla, M. E., Messah, Y. A., & Laning, R. L. (2016). Analisa Dampak Penerapan Sistem Lalu Lintas Satu Arah Pada Simpang 3 Strat-A Terhadap Arus Lalu Lintas Serta Kinerja Lahan Parkir Di Pasar Tradisional Oeba Kota Kupang. Jurnal Teknik Sipil,, V(2), 199-212.

BPS Kota Makassar. (2014). Makassar Dalam Angka 2013. Makassar: Kerjasama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dan Badan Pusat Statistik Kota Makassar.

Fadillah, R., Firdaus, O., & Sabri, F. (2013). Pengaruh Penerapan Jalan Satu Arah Terhadap Jalan Kolektor Sekunder (Studi Kasus Pada Jl. Kh. Abdul Hamid Dan Jl. Kh Abdurrahman Siddik Di Kota Pangkalpinang). Jurnal Fropil, 1(2), 125-133.

Gustavsson, F. (2007). New Transportation Research Progress. New York: Nova Science Publishers.

Halim, H., Adisasmita, S. A., Ramli, M., & Aly, S. H. (2017). The Pattern Of Severity Of Traffic Accident On Traffic Conditions Heterogeneous. International Journal Of Civil Engineering And Technology (Ijciet), 1720-1729.

Munawar, A., & Winnetou, I. A. (2015). Penggunaan Software Vissim Untuk Evaluasi Hitungan Mkji 1997 Kinerja Ruas Jalan Perkotaan (Studi Kasus : Jalan Affandi, Yogyakarta). The 18th Fstpt International Symposium, Unila. Bandar Lampung: Fstpt.

Purwanto, D., & Yulipriyono, E. E. (2015). Efektifitas Pemberlakuan Sistem Satu Arah Pada Jalan Indraprasta Kota Semarang Dalam Rangka Pemerataan Sebaran Beban Lalu Lintas. Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil, 21(1), 47-55.

Putri, N. H., & Irawan, M. Z. (2015). Mikrosimulasi Mixed Traffic Pada Simpang Bersinyal Dengan Perangkat Lunak Vissim. The 18th Fstpt International Symposium, Unila. Bandar Lampung: Fstpt.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A (2018). "Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management". Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol.2, No.1, Maret 2019, Hal. : 1-10.

Widayanti, A., Soemitro, R. A., Putri, J. J., & Hitapriya, S. (2017). Karakteristik Material Pembentuk Reclaimed Asphalt Dari Jalan Nasional Di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 1(1), 45-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v3i2.5884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.