Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Wisata di Pantai Lasiana
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pengunjung terhadap fasilitas wisata di Pantai Lasiana. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah accidential sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden yaitu wistawan yang berkunjung ke Pantai Lasiana. Pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket), observasi dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan konsumen senyatanya lebih rendah dibandingkan dengan tingkat harapan. Hal ini berarti secara keseluruhan pengunjung belum sepenuhnya merasa puas dengan fasilitas wisata yang ada di Pantai Lasiana. Berdasarkan analisis diagram kartesius, fasilitas wisata yang masuk dalam prioritas utama dan memiliki kinerja yang rendah terdiri dari kondisi fisik lopo, kondisi fisik tempat sampah, ketersediaan jumlah tempat sampah dan pemisahan jenis tempat sampah organik dan non organik perlu diperbaiki agar dapat meningkatkan kepuasan wisatawan di masa mendatang.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Syah Baginda (2016) Strategi Pengembangan Fasilitas Guna Meningkatkan Daya Tarik Minat Wisatawandi Darajat Pass (waterpark) Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Bina Aksara: Yogyakarta.
Dinas Pariwisata NTT, (2019). NTT Dalam Angka 2019, Kupang. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Isgiyanto, Awal (2009). Teknik Pengambilan Sampel pada Penelitian Non Ekserimental. Mitra Cendikia Press. Yogyakarta.
Kusmayadi & Sugiarto, Endar (2000). Metode Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.
Marpaung, (2002). Pengetahuan Kepariwisataan. Alfabeta. Bandung.
Mill, Robert Christie, 2000, Tourist the International Bussiness. PT Raja Grafindo Persada. Yogyakarta.
Muljadi, A.J, (2012). Kepariwisataan dan Perjalanan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Payangan, Otto R. (2014). Pemasaran Jasa Pariwisata. IPB Press. Bogor.
Soemitro & Suprayitno (2018). “Pemikiran Awal tentang Konsep Dasar Manajemen Aset Fasilitas”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol. 2, Sup. 1, Juni 2018, Hal. : 1-13.
Spillane, J, (1994). Pariwisata Indonesia : Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
Sugiyono (2016). Metod0e Penelitian Manajemen. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono (2005). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Sumayang, (2003). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Salemba Empat. Jakarta.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta. Jakarta.
Suryadana, Liga, M & Octavia, Vanny, (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Alfabeta. Bandung.
Susetyarini, O. & Masjhoer, J.M. (2018). “Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Umum, Prasarana Umum, dan Fasilitas Pariwisata di Malioboro Pasca Revitalisasi Kawasan”. Jurnal Ilmiah Kepariwisataan, Vol. 12, No. 1, Januari 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v4i1.6833
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jumlah Pengunjung :
Flag Counter
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.