Evaluasi Kinerja Aset Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Kabupaten Sidoarjo

Marlena Marlena, Tri Joko Wahyu Adi, I.D.A.A. Warmadewanthi

Abstract


Perkembangan Kabupaten Sidoarjo sebagai pusat pertumbuhan membawa dampak terhadap peningkatan jumlah penduduk sehingga berpengaruh terhadap jumlah timbulan sampah yang dihasilkan. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk mengurangi jumlah timbulan sampah yang masuk ke TPA adalah dengan membangun infrastruktur pengelolaan sampah berupa Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). TPST yang telah dibangun ini perlu menerapkan manajemen aset yang tepat sehingga dapat berjalan secara efektif dan berkelanjutan. Saat ini, masih terdapat TPST yang belum berfungsi optimal salah satunya dikarenakan belum terpenuhi sarana dan prasarana. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja aset TPST di Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskriptif yaitu menggambarkan suatu data yang terkait pengelolaan aset TPST di Kabupaten Sidoarjo. Pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi lapangan secara langsung dan hasil wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil studi literatur dan data – data dari instansi terkait. Hasil analisa tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi TPST di Kabupaten Sidoarjo masih perlu peningkatan kinerja aset dan pengadaan aset baru. Selain itu juga, perlunya peningkatan kegiatan operasional dan pemeliharaan pengelolaan persampahan agar program TPST berjalan dengan optimal dan dalam rangka berkelanjutan TPST kedepan.


Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, T. 2010. Kajian Sistem Pengelolaan Sampah di Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Tugas Akhir Jurusan Teknik Lingkungan FTSP. ITS Surabaya.

BPS (2019). Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo dalam Angka 2019, Sidoarjo.

Leong, K.C. (2004). The Essence of Asset Management, Published by UNDP-TUGI. Kuala Lumpur.

Pandebesie, E. (2005). Buku Diktat Pengelolaan Sampah, Surabaya. Jurusan Teknik Lingkungan FTSP ITS.

Permen PU 03/13. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 03/PRT/M/2013 tentang Penyelanggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

PP 81/12. Peraturan Pemerintah No. 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Pramestyawati N. T & Warmadewanthi, IDAA (2013). “Potensi Reduksi Sampah terhadap Penurunan Timbulan Gas Rumah Kaca di TPA Kota Madiun”. Jurnal Teknik Pomit Surabaya. Vol. 2, hal D74 – D77. Surabaya.

Siregar, D.D. (2004). Manajemen Aset. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Soemitro, R.A.A & Suprayitno, H (2018). “Pemikiran Awal tentang Konsep Dasar Manajemen Aset & Fasilititas”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas. Volume 2, Suplemen 1, Juni 2018, Hal 1-14.

Sugiama, A.G. (2013). Manajemen Aset Parawisata. Guardaya Intimarta. Bandung.

Suprayitno, H & Soemitro, R.A.A (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Aset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas. Volume 2, Nomor 1, Maret 2018, Hal 1-10.

UU 18/08. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v4i3.7101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.