Potensi Permintaan Angkutan Umum pada Rencana Rute Feeder di Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh

Rio Erlangga, Cut Mutiawati, Marwan Marwan

Abstract


Kemacetan sering terjadi di kota-kota di Indonesia terutama pada jam puncak pagi dan sore hari. Hal ini disebabkan oleh kurang berfungsinya angkutan umum. Masyarakat lebih memilih menggunakan angkutan pribadi untuk beraktivitas. Salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya rute feeder yang dapat menjangkau wilayah permukiman. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi demand penumpang pada rencana rute feeder di lima kampung pada Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur, Departemen Perhubungan Tahun 2002. Hasil analisis diperoleh bahwa penduduk yang mau menggunakan angkutan umum lebih besar jumlahnya daripada jumlah penduduk yang tidak mau menggunakan angkutan umum yaitu 63%. Jumlah angkutan umum feeder tertinggi didapatkan pada jam 07.00-07.59 WIB dan 08.00-08.59 WIB. Jenis moda yang dibutuhkan adalah MPU sebanyak 20 unit dan bus kecil sebanyak 12 unit. MPU layak secara finansial untuk rute rencana feeder karena jumlah yang dibutuhkan melebihi jumlah minimum yaitu 20 unit. Hal ini juga sesuai dengan lebar jalan pada rencana rute feeder.


Full Text:

PDF

References


BPS Provinsi Aceh. (2018). Kecamatan Kuta Alam dalam Angka 2018. Banda BPS Aceh.

Departemen Perhubungan. 2002. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Departemen Perhubungan.

Soemitro, R.A.A & Suprayitno, H. (2018). “Pemikiran Awal tentang Konsep Dasar Manajemen Aset Fasilitas”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol.2, No.1, Juni 2018.

Soimun, A. (2018). Analisis Probabilitas Perpindahan Moda Pengguna Kendaraan Pribadi (Sepeda Motor dan Mobil) ke Kereta Api Commuter Surabaya Sidoarjo. Tesis Magister. Departemen Teknik Sipil. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Administrasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung. Indonesia.

Suprayitno, H. & Upa, V. A. (2016). “Mamminasata BRT User Trip Characteristics for the Design of Demand Modelling Method for a New BRT Line”. IPTEK. The Journal for Technology and Science, Vol. 27, Issue. 3, 47-52.

Suprayitno, H. & Upa, V. A. (2017), “Special Conventional Transport Model for a New BRT Line Passenger Demand Prediction”. JTSS – Journal of Technology and Social Science, Vol. 1, Issue 3, 10-18.

Suprayitno, H. & Ryansyah, M. (2018). “Karakteristik Pelaku dan Perilaku Perjalanan Penumpang Bus Trans Koetaradja”. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil. Volume 16, Nomor 2, 55-62.

Tamin, Ofyar Z. (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Penerbit ITB, Bandung, Indonesia.

Upa, V. A. (2017). Perhitungan Jumlah Permintaan Potensial Bus Rapid Transit (BRT) Mamminasata Koridor 1 dengan menggunakan Special Conventional Transport Model. Tesis Magister. Jurusan Teknik Sipil. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v4i4.7901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.