Analisis Potensi Investasi Alternatif di Kota Balikpapan Melalui Perspektif Keruangan

Ajeng Nugrahaning Dewanti, Frigate Rario Yusuf

Abstract


Balikpapan merupakan kota dengan kondisi ekonomi terbesar ketiga berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kalimantan Timur pada tahun 2021 dengan sektor industri sebagai sektor yang dominan. Kota Balikpapan juga merupakan kota pendukung Ibu Kota Negara (IKN) dan memiliki peluang dalam menyerap investasi proyek pemindahan IKN. Adanya kebijakan pemindahan ibukota negara dan investasi diharapkan dapat mendukung pemerataan pembangunan wilayah yang selama ini masih terpusat di Pulau Jawa. Saat ini, Kota Balikpapan menghadapi tantantagan dengan adanya ketergantungan terhadap sektor migas. Oleh karena itu, sektor unggulan non migas dapat dijadikan alternaatif dalam dalam berinvestasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi investasi melalui sektor unggulan non migas di Kota Balikpapan. Penentuan sektor unggulan dilakukan dengan metode Location Quotient (LQ) untuk menentukan sektor basis, dan analisis Shift Share untuk menentukan sektor yang berdaya saing, sehingga ditemukan 8 sektor unggulan yang kemudian dilanjutkan analisis tipologi klasen untuk menentukan sektor non basis yang berpotensi untuk dilakukan investasi. Hasil dari analisis didapatkan bahwa sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan motor, sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor informasi dan komunikasi, sektor konstruksi, sektor penyediaan akomodasi dan makan minum, dan sektor jasa lainnya merupakan sektor yang potensial untuk dilakukan investasi di Kota Balikpapan. Selanjutnya, analisis deskriptif dilakukan untuk memperoleh keterkaitan antara sektor potensial untuk diinvestasikan terhadap kebijakan penataan ruang di Kota Balikpapan. Sehingga diperoleh potensi investasi dengan mengacu pada faktor penentu daya tarik investasi serta kebijakan penataan ruang di Kota Balikpapan yang digambarkan melalui peta sebaran potensi investasi di Kota Balikpapan.

Keywords


PDRB, potensi investasi, sektor unggulan.

Full Text:

PDF

References


A. Mansyur, "Paradiplomasi Melalui Kerjasama Sister City: Sebuah Upaya Untuk Meningkatkan Potensi Industri Pariwisata di Kabupaten Sumenep," PUBLIC CORNER, pp. 1-17, 2020.

"Badan Pusat Statistik Republik Indonesia," 2022.

N. F. Nurlaily, Dasar-dasar Manajemen Investasi, Malang: UB Press, 2020.

"Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur," 2022.

S. A. R. Hasibuan, "Dampak dan Resiko Perpindahan Ibu Kota Terhadap Ekonomi di Indonesia," At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2020.

R. F. S. S. N. Yulianti, "Analisis Potensi Sektor Unggulan Kota Balikpapan Dalam Mempersiapkan Ibu Kota Baru dari Perspektif Ekonomi Pertahanan," Moneter: Jurnal Keuangan dan Perbankan, pp. 1-13, 2020.

K. R. Jumiyanti, "Analisis Location Quotient dalam Penentuan Sektor Basis dan Non Basis di Kabupaten Gorontalo," Gorontalo Development Review, pp. 23-35, 2018.

U. G. T. A. Basuki, "Penentuan Sektor Unggulan dalam Pembangunan Daerah: Studi Kasus di Kabupaten Ogan Komering Ilir," Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, pp. 34-50, 2009.

I. M. Bukit, "Analisis Potensi Ekspor Hasil-Hasil Pertanian di Kabupaten Karo (Skripsi)," Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2013.

Z. Risdiantanti, "Analisis Potensi Ekonomi Sektoral sebagai Sektor Unggulan di Wilayah Provinsi Kalimantan Timur Periode 2014-2018," Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2020.

N. L. A. I. M. S. U. Kesuma, "Analisis Sektor Unggulan dan Pergeseran Pangsa Sektor-Sektor Ekonomi Kabupaten Klungkung," Jurnal Ekonomi Pembangunan, pp. 100-107, 2015.

A. P. Trijayanto, "Analisis Penentuan Sektor Unggulan di Dalam Struktur Perekonomian Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur (Skripsi)," Universitas Diponegoro , Semarang, 2017.

I. A. W. D. d. I. G. B. Indrajaya, "Analisis Kebutuhan Investasi Sektor Potensial di Kabupaten Buleleng," E-Jurnal EP Unud, pp. 567-575, 2014.

L. Muta'ali, Teknik Analisis Regional Untuk Perencanaan Wilayah, Tata Ruang, dan Lingkungan, Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Geografi, 2015.

A. N. Dewanti, "Analysis of Factors that Determine Investment Attractiveness in Balikpapan City," in IOP Conf. Ser.: Earth Environ Sci. 1186 012022, Denpasar, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v18i2.15022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.