Arahan Peningkatan Penggunaan Moda Bus Trans Sarbagita pada Koridor 1 di Kota Denpasar

Ketut Dewi Martha Erli Handayeni, Putu Audrina Utama

Abstract


Kemacetan terjadi akibat meningkatknya jumlah kendaraan pribadi, sedangkan pertambahan dan pelebaran ruas jalan meningkat dalam jumlah kecil. Dalam mengatasi persoalan kemacetan, Provinsi Bali menyediakan angkutan umum Bus Trans Sarbagita sejak tahun 2011. Namun pada tahun 2016, tingkat penggunaan kendaraan pribadi masih tinggi sebesar 91,2%, sedangkan pengguna angkutan umum hanya sebesar 8,8%. Rata-rata load factor Bus Trans Sarbagita tahun 2012 – 2017 adalah sebesar 28,95%. Hal ini menunjukkan rendahnya tingkat penggunaan Bus Trans Sarbagita, khususnya pada Koridor 1. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penggunaan moda Bus Trans Sarbagita. Tahapan yang dilakukan untuk mencapai tujuan ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan moda pada Koridor 1 dengan menggunakan analisis Cross Tab dan merumuskan arahan peningkatan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil studi menunjukkan terdapat 3 variabel yang memiliki pengaruh kuat, yaitu waktu tunggu, biaya, dan keandalan. Berdasarkan hasil studi, terbentuk 6 arahan utama dan 11 arahan pendukung.

Keywords


Analisis Cross Tab, Faktor Penggunaan Moda, Trans Sarbagita

Full Text:

6-11

References


R. Adisasmita and S. A. Adisasmita, Manajemen Transportasi Darat: Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas di Kota Besar (Jakarta), 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

E. K. Morlok, Introduction to Transportation Engineering and Planning. McGraw-Hill Ltd., 1978.

S. A. Adisasmita, Transportation and Regional Planning. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Biro Humas Provinsi Bali, “Trans Sarbagita,” Biro Humas Provinsi Bali, 2011.

A. A. G. O. Nirjaya and N. D. Setiawina, “ANALISIS PENGARUH KINERJA ANGKUTAN UMUM TRANS SARBAGITA TERHADAP ANIMO MASYARAKAT PENGGUNA DI PROVINSI BALI,” E-Jurnal Ekon. dan Bisnis Univ. Udayana, vol. 5, no. 8, pp. 2517–2548, 2016.

C. I. M. Pemayun, “ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DIPONEGORO AKIBAT BANGKITAN PERJALANAN SDN 5 PEDUNGAN,” Universitas Udayana, 2015.

I. M. A. Putrayasa and N. K. S. Maharani, “EFEKTIFITAS BUS TRANS SARBAGITA TRAYEK KOTA – GWK DALAM MENGURANGI KEMACETAN DI KOTA DENPASAR DAN KABUPATEN BADUNG,” SOSHUM J. Sos. DAN Hum., vol. 4, no. 1, 2014.

S. Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif, 1st ed. Jakarta: Prenada Media Group, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, 20th ed. Bandung: Alfabeta, 2012.

S. MARYATI, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MEMILIH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) DI KOTA SEMARANG,” UNIVERSITAS DIPONEGORO, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v14i1.7147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.