Segmentasi Kondisi Psikografis Masyarakat Berdasarkan Konsep VALS (Value and Lifestyle) di Kelurahan Kedung Cowek

Putu Gde Ariastita, Gita Toruli Sidauruk

Abstract


Kelurahan Kedung Cowek merupakan salah satu prioritas pertama penanganan kumuh di Kota Surabaya. Namun, program penanganan kekumuhan yang selama ini sudah dilakukan seringkali mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan oleh partisipasi masyarakat setempat untuk terlibat dalam program perbaikan permukiman masih tergolong rendah. Dalam upaya penanganan kumuh tersebut, pemerintah harus memberikan program yang sesuai dengan kondisi masyarakat terkait kecenderungannya untuk terlibat dalam suatu program. Pada hakikatnya, kondisi psikografis dapat menggambarkan sikap dan tanggapan seseorang terhadap suatu program pembangunan secara mendalam dibandingkan dengan kondisi demografisnya. Oleh karena itu, dengan berlokasi di RW 2 dan 3 Kelurahan Kedung Cowek, penelitian ini bertujuan untuk mensegmentasikan kondisi psikografis masyarakat ke dalam 8 variabel psikografis menurut konsep VALS (Value and Lifestyle), yaitu segmen innovators, thinkers, believers, achievers, strivers, experiencers, makers dan survivors. Proses ini dilakukan dengan metode scoring menggunakan skala likert secara kuantitatif. Output dari penelitian ini adalah teridentifikasinya kondisi psikografis masyarakat di Kelurahan Kedung Cowek yang beragam. Kondisi psikografis terbanyak adalah believers, sementara yang paling sedikit adalah makers.

Keywords


Partisipasi Masyarakat, Penanganan Kumuh, Segmentasi Psikografis

Full Text:

19-23

References


Kementerian PU&PR Direktorat Jenderal Cipta Karya. (2016). Penyusunan Review Rencana Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan (RKP-KP) Kota Surabaya. Surabaya: Kementerian PU&PR Direktorat Jenderal Cipta Karya..

Astuti, S. B., & Cakradiharja, M. (2016). Peranan Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan Desa. Warta Bappeda Provinsi Jawa Barat, Volume 33 No. 4.H. Poor, An Introduction to Signal Detection and Estimation. New York: Springer-Verlag (1985) Ch. 4.

Lailiyah, F. (2016). Implementasi Komunikasi Pembangunan Partisipatif Pada Program GLOBAL PARTNERSHIP OUTPUT BASED AID (GP-OBA) di Kota Surabaya. Thesis.

Susanto, A. S. (2013). Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup). Jurnal JIBEKA, Volume 7, No.2, 1-6.

Muriuki, G., Dowd, A.-M., & Ashworth, P. (2016). Urban sustainability – a segmentation study of Greater Brisbane, Australia.

Strategic Business Insight. (2017). Strategic Business Insight. Retrieved November 22, 2017, from VALS: http://www.strategicbusinessinsights.com/

SK Walikota Surabaya No. 62/2006




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v14i1.7149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.