Studi Vastu Shastra di Kerajaan Majapahit, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto

Febe Naulisudena Marbun, Karina Pradinie Tucunan

Abstract


Kecamatan Trowulan yang dikenal dengan ‘Kota Majapahit’ menyimpan warisan Kerajaan Majapahit sebagai salah satu kerajaan di Indonesia yang menganut kepercayaan Hindu. Kepercayaan yang dianut Kerajaan Majapahit, didukung dengan konsep kosmologi yang terkandung di dalam perencanaan kotanya untuk menjaga keseimbangan alam semesta, memunculkan dugaan adanya adaptasi teori perencanaan tradisional kuno India, yaitu Vastu Shastra, pada perencanaan kota Kerajaan Majapahit.

Penelitian ini ditujukan untuk menyusun Studi Vastu Shastra di Kerajaan Majapahit Kecamatan Trowulan untuk mengenal lebih dalam makna dan identitas berdasarkan warisan peninggalan Kerajaan Majapahit. Langkah yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu melalui studi literatur dan wawancara mendalam dengan ahli sehingga penemuan yang didapatkan dapat menjawab dugaan pada penelitian dengan melakukan komparasi tata ruang Kerajaan Majapahit di Kecamatan Trowulan dengan konsep Vastu Shastra.

Hasil komparasi tata ruang Kerajaan Majapahit di Kecamatan Trowulan dengan konsep Vastu Shastra menunjukkan adanya adaptasi yang sesuai, meskipun tidak seluruhnya relevan, melainkan hanya di bagian-bagian tertentu yaitu (1) secara Mikro, pada kriteria orientation, living areas, dan floor plans, (2) secara Meso dan Makro, pada kriteria pusat kota, peletakan istana dan peletakan alun-alun, serta (3) pada tipe kota Vastu, yakni Dandaka dan Sarvatobhadra dalam kriteria pusat kota, penataan jalan utama, dan dinding kota, serta Prastara dan Chaturmuka dalam kriteria penataan jalan, penataan bangunan, dan dinding kota.


Keywords


Kecamatan Trowulan; Kerajaan Majapahit; Vastu Shastra

Full Text:

PDF

References


Harrison, R. (2010). What is heritage. Understanding the politics of heritage.

Nurjanah, S. (2013). Kosmologi dan sains dalam islam. Akdemika: Jurnal Pemikirian Islam.

.Arinto, F. E. (2017). Gramatika Arsitektur Hunian Masyarakat Perdesaan Jawa di Desa Tirtosari. Disertasi, Universitas Katolik Parahyangan, Program Doktor Arsitektur, Bandung.

Patra, R. (2008). Vastu Shastra: Towards Sustainable Development. doi:10.1002/sd.388

Venugopal, J. (2012). Vastu Purusha Mandala-A Human Ecological Framework For Designing Living Environments. International Conference on Advances in Architecture and Civil engineering. Queensland: Queensland University of Technology.

Ramsedt, M. (2005). Hinduism in Modern Indonesia. Routledge.

R. Siti Rukayah, T. R. (2013). The Sustainability Concept of Alun-Alun as a Model of Urban Design in the Future. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 626—637

Prajitha (2017). Basic Concept of Vastu for Town Planning.

Gomperts, A., Haag, A., & Carey, P. (2012). Mapping Majapahit: Wardenaar’s archaeological survey at Trowulan in 1815. Indonesia, (93), 177—196.

Munandar, A. A. (2011). Catuspatha: Arkeologi Majapahit. Wedatama Widya Sastra.

Gomperts, A., Haag, A., & Carey, P. (2008). Stutterheim’s enigma: The mystery of his mapping of the Majapahit kraton at Trowulan in 1941. Bijdragen tot de taal-, land-en volkenkunde/Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia, 164(4), 411—430.

.Gomperts, A., Haag, A., Carey, P., & Umbaran, D. (2014). Archaeological Identification of the Majapahit Royal Palace: Prapañca’s 1365 Description Projected onto Satellite Imagery. The Journal of the Siam Society, 102, 67—118.

Winarno, A. B., & Saliya, Y. (2018). Presistensi Konsep Penataan Kota Praindustri Majapahit terhadap Penataan Kawasan Modern Studi Kasus pada Kampus UI, UB dan ITB. Jurnal RISA, 152—164.

Adrisijanti, I. (2014). Majapahit: Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota. Yogyakarta: Kepel Press.

Tjahja Tribinuka, dkk (2019). Analisis Ibukota Majapahit dari Segi Urban dan Permukiman. Surabaya: Abiyasa Nusantara

Winarto, Y., Santosa, H. R., & Ekasiwi, S. N. (2015). The Climate Concious Concept of Majapahit Settlement in Trowulan, East Java. 318—329




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v16i2.7546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.