Pemodelan Kepuasan Pengguna BRT Trans Jateng Koridor 1 Purwokerto - Purbalingga Dengan Metode Structural Equation Modelling

Faiq Muhammad Azka, Ketut Dewi Martha Erli Handayeni

Abstract


Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng Koridor 1 Purwokerto - Purbalingga mulai beroperasi pada Agustus 2018. Angkutan ini memiliki rata-rata 70% untuk angka keterisian (load factor). Melihat data tersebut, menjadikan BRT Trans Jateng Koridor 1 Purwokerto – Pubalingga sebagai transportasi umum yang memiliki potensi besar untuk dapat melayani perjalanan masyarakat di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi penyediaan layanan BRT Trans Jateng Koridor 1 Purwokerto – Purbalingga berdasarkan kepuasan pengguna. Metode analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) untuk mengevaluasi pengaruh aspek-aspek pelayanan BRT terhadap kepuasan pengguna. Hasil studi menunjukkan bahwa aspek operasional BRT serta aspek informasi dan komunikasi memiliki pengaruh positif yang siginifikan terhadap kepuasan pengguna. Aspek operasional BRT mencakup atribut kecepatan bus, pemungutan tarif, dan frekuensi layanan. Aspek informasi dan komunikasi mencakup atribut branding dan informasi penumpang. Pengembangan model kepuasan pengguna BRT dapat dimanfaatkan sebagai instrumen untuk mengevaluasi pelayanan BRT yang sesuai dengan harapan pengguna.

Keywords


BRT, SEM, Trans Jateng.

Full Text:

PDF

References


Nasution, M. N. (2004). Manajemen Transportasi. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Levinson, H. (2003). Bus Rapid Transit Volume I. Washington DC: Transit Cooperative Research Program.

Currie, G., & Delbosc., A. (2011). Understanding bus rapid transit route ridership drivers : An empirical study of Australian BRT systems. Transport Policy, 755-764.

Nikitas, A., & Karlsson, M. (2015). A Worldwide State-of-the-Art Analysis for Bus Rapid Transit:. Journal of Public Transportation.

Hidalgo, D., & Gutierrez, L. (2013). BRT and BHLS around the world: Explosive growth large positive impacts and many issues outstanding. Research in Transportation Economics, 8-13.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sarwono, J. (2010). Pengertian Dasar Strucural Equation Modelling. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 173-182.

ITDP. (2016). BRT Standard. ITDP

Deng, T., & Nelson, J. D. (2011). Recent developments in bus rapid transit: A review of the literature. Transport Review, 69-96

Cervero, R. (2013). Bus Rapid Transit (BRT) An Efficient and Competitive Mode of Public Transport. Berkeley, USA: University of California

Galicia, L. D., & Cheu, R. L. (2009). Bus Rapid Transit Features and Deployment Phases for U.S. Citie. Journal of Public Transportation, 23-38.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. Boston: Pearson




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v16i2.8618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.