Studi Sloshing pada Independent Tank Type C secara Memanjang Akibat Gerakan Kapal LNG dengan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)

Aries Sulisetyono, Mochamad Ridhlo Nurfadhi

Abstract


Sloshing merupakan fenomena yang terjadi pada tangki muatan cair akibat permukaan bebas yang bergerak. Paper ini membahas tentang pengaruh terjadinya sloshing pada tangki yang memuat LNG (Liquid Natural Gas) akibat gerakan kapal LNG selama beroperasi di laut. Tanki LNG ini berjenis Iso Tank berbentuk bilobe yang merupakan tipe C Independent Self Supporting Tank dengan ukuran yang dirancang untuk kapal pengangkut LNG dari Simenggaris menuju Tanjung Batu di Provinsi Kalimantan Timur. Sloshing disimulasikan secara numerik dalam dua dimensi tangki secara memanjang dengan menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Gerakan tangki mengikuti gerakan kapal yang timbul akibat gaya gelombang selama beroperasi di laut, dan gerakan kapal yang dipertimbangkan dalam simulasi sloshing tangki secara memanjang adalah surge, heave, dan pitch. Dalam simulasi ini, tiga variasi muatan LNG dalam tangki yang meliputi: kondisi muatan kosong yaitu muatan LNG 10% dari ketinggian tangki (h), kondisi muatan setengah penuh, (50%h), dan kondisi muatan penuh, (90%h) yang diujikan selama beberapa kali gerakan berulang (oscillasion) tangki dengan tujuan mendapatkan nilai tekanan maksimum yang terjadi pada dinding dalam tangki LNG. Hasil simulasi menjelaskan bahwa besarnya tekanan maksimum statis pada kondisi muatan penuh adalah paling besar 31235.92 Pa dibandingkan dengan kondisi muatan setengah penuh sebesar 17345.54 Pa dan muatan kosong sebesar 3473.65 Pa. Peningkatan tekanan yang terjadi akibat sloshing adalah sebesar 9.4% pada kondisi muatan penuh, 4.9% pada kondisi muatan setengah penuh, dan 9.1% pada kondisi muatan kosong. Hasil perhitungan probability exceed diperoleh bahwa peluang terjadinya tekanan maksimum pada semua daerah dinding dalam tangki LNG pada semua kondisi pengisian muatan LNG nilainya tidak melebihi 6%.


Keywords


sloshing; iso tank; LNG vessel; computatational fluid dynamics

Full Text:

PDF

References


A. SULISETYONO, “Analisa Seakeeping Kapal LNG Ber-Sarat (Draft) Rendah di Perairan Dalam Selat Makasar,” in Seminar Nasional Inovasi di Bidang Rekayasa Teknologi serta Aplikasi Industri dan Management, 2015.

K. B. SOEGIONO & ARTANA, Transportasi LNG Indonesia. Surabaya: Airlangga University Press, 2006.

S. De JOUETTE, C., Le GOUEZ, J. M., PUT, O., AND RIGAUD, “Volume of Fluid Method (VOF) Applied to Non Linear Wave Problems on Body Fitted Grids,” in International Workshop and Water Waves and Floating Body, 1996.

B. R. SEPTIANSYAH, “Analisa Sloshing Secara Memanjang Pada Tangki FLNG Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD),” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.