Pengembangan Teknologi Purifikasi Biogas (Kandungan Gas H2S Dan CO2) dengan Mempergunakan Kombinasi Wet Scrubber-Batu Gamping

Totok Soehartanto, Sarwono Sarwono, Ronny Dwi Noryati

Abstract


Biogas yang diproduksi dari hasil fermentasi kotoran ternak melalui bioreactor anaerob 60%-70% berupa gas methane (CH4), sekitar 30% berupa gas CO2 dan sisanya berupa gas H2S serta gas-gas lainnya. Gas CO2 jika terbakar berdampak terhadap lingkungan (hujan asam), sedang gas H2S bersifat korosif. Sehingga biogas hasil ekstraksi kotoran ternak perlu dipurifikasi agar ramah terhadap lingkungan dan aman buat peralatan (kompor gas). Metode pemurnian mempergunakan kombinasi water scrubber dan batu gamping, hal ini dikarenakan water scrubber efektif untuk mengurangi gas H2S sedang batu gamping efektif untuk menyerap gas CO2. Metode kombinasi ini telah diterapkan untuk pemurnian biogas hasil ekstraksi biogas dari kotoran ternak di kelompok peternak sapi di Nongko Jajar, dimana warna api yang dihasilkan dari pembakaran biogas hasil purifikasi biru sedang warna api biogas yang tidak dimurnikan bercampur dengan warna merah. Disamping itu air yang keluar dari water scrubber berbau belerang dan warna batu gamping berubah menjadi kuning. Sehingga pada makalah ini dipresentasikan design pengembangan filter purifikasi biogas, dalam hal ini water tidak lagi di spray-kan akan tetapi dirubah dalam bentuk kabut untuk mengefektifkan kontak antara biogas dengan kabut. Filter batu kapur berjumlah 2 buah, akibat batu gamping akan mengalami kejenuhan setelah dipergunakan dalam interval waktu tertentu.


Keywords


biogas; purifikasi; water scrubber; batu gamping

Full Text:

PDF

References


P. Wheeler, T. Jaatinen, A. Lindberg, J. B. Holm-Nielsen, A. Wellinger, and A. Pettigrew, Biogas Upgrading and Utilisation. Paris: International Energy Association, 2000.

N. Abatzoglou and S. Boivin, “A review of biogas purification processes,” Biofuels, Bioprod. Biorefining, vol. 3, no. 1, pp. 42–71, Jan. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.