PELUANG DAN TANTANGAN PERAN PEREMPUAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Ni Wayan Suarmini, Siti Zahrok, Dyah Satya Yoga Agustin

Abstract


Perempuan dan laki-laki memiliki kesetaraan, sehingga perempuan dan laki-laki  mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama sebagai sumber daya pembangunan. Kesetaraan merupakan target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang maupun Millenium Development Goal (MDGs). Perempuan  tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan, namun juga ikut berperan melaksanakan dan berpartisipasi di segenap aspek pembangunan bangsa. Usaha-usaha pemerintah untuk meningkatkan kemampuan perempuan dengan cara pemberdayaan, yang mengandung arti meningkatkan kualitas dan peran perempuan disegala bidang pembanguan. Program kesetaraan gender yang mengintegrasikan gender dalam arus pembangunan  menempatkan perempuan sebagai subyek pembangunan. Hal ini  merupakan peluang bagi perempuan untuk berkiprah lebih luas dalam menunjukan potensi diri. Perempuan   memiliki peran-peran  yang strategis dalam mendorong pembagunan yakni sebagai manajer rumah tanngga, sebagai pelaku ekonomi dan sebagai perempuan karier. Tantangan yang dihadapi perempuan  dalam melaksanakan perannya di era digital bagaimana mengubah pandangan permisif masyarakat dan praktek budaya yang membatasi kemajuan perempuan


Keywords


peluang; tantangan; peran perempuan dan pembangunan

Full Text:

PDF

References


Gaib, H., & Dkk. (2017). Profil Perempuan Indonesia 2017. (Santosa Didiek, Ed.). Jakarta: KP3A.

Rahmawati, D. Nu., & Lukitasari, I. (2017). Pembangunan Manusia Berbasis Gender 2017. (S. B. Widoyono & Dkk, Eds.). jakarta: KP3A.

Wibowo, D. E. (2011). Peran Ganda Perempuan dan Kesetaraan Gender. Gender, 3(1), 356–364.

Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. P. (2016). Literasi Digital Pada Perempuan Pelaku Usaha. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 1–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.