EFEKTIFITAS TIK UNTUK PENINGKATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PAUD, TK DAN MADRASAH DINIYAH “MAMBA’UL HISAN DUSUN SEKARGADUNG, DESA BALEREJO II, KECAMATAN PANGGUNGREJO, KABUPATEN BLITAR

Hermanto Hermanto, Marsudi Marsudi, Edy Subali, Enie Hendrajati

Abstract


Bagi sebagian guru pra-sekolah di daerah terpencil, penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masih berupa mimpi. Apalagi sekolah yang dikelola merupakan sekolah yang didirikan dan dikelola oleh masyarakat secara mandiri, swadaya, dan swadana apa adanya. PAUD, TK, dan Madrasah Diniyah “Mamba’ul Hisan” Dusun Sekargadung Desa Balerejo II, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar adalah contoh nyata. Sekolah ini dikelola oleh individu/keluarga yang mempunyai kepedulian terhadap pendidikan di lingkungannya, yaitu Dusun Sekargadung, Desa Balerejo II, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar bagian selatan yang termasuk daerah tandus, terpencil, dan tertinggal. Sekolah ini dikelola apa adanya dengan segala keterbatasannya, namun tetap berusaha sebagai sekolah yang baik dan menjadi tujuan masyarakat mendapatkan pendidikan dini anak-anak mereka. Melalui program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tim dosen Soshum ITS, guru-guru PAUD, TK, dan Madrasah Diniyah “Mamba’ul Hisan” dikenalkan kepada teknologi (literasi teknologi) sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dalam bentuk pelatihan operasional penggunaan LCD proyektor dan pembuatan serta pengoperasian materi PPT sebagai media pembelajaran. Hasil dari pelatihan adalah pertama guru-guru mempunyai pengetahuan dan keterampilan mengoperasikan penggunaan LCD proyektor, kedua  guru-guru mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam membuat dan mengoperasikan meteri pembelajaran dalam format PPT. Dengan diraihnya keterampilan-keterampilan literasi teknologi dalam proses pembelajaran oleh guru, maka dihasilkan metode pembelajaran yang lebih menarik, variasi bahan ajar yang kaya, yang pada ujungnya membuat peserta didik merasa senang, meningkat motivasinya, prestasinya dan kualitas pendidikannya dan membuat sekolah tersebut diminati walimurid dan masyarakat.


Keywords


TIK; efektifitas TIK; proses pembelajaran; media pembelajaran; pendidikan pra-sekolah

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor74 Tahun2008 Tentang Guru, Pub. L. No. 74, 1 (2008). Indonesia. Retrieved from http://peraturan.go.id/pp/nomor-74-tahun-2008-11e44c4f529f36a0a226313232303239.html

Detik health. (2014). Kualitas Guru Masih Kurang, Masalah Utama PAUD di Indonesia. Retrieved July 30, 2018, from https://health.detik.com/anak-dan-remaja/d-2655128/kualitas-guru-masih-kurang-masalah-utama-paud-di-indonesia

Erlina, B. (2009). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Keranjang Tempurung Dan Biji Salak Di Taman Kanak-Kanak PK3A Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh. Pesona Paud, I(1), 1–11. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=100794&val=1492

Fahmi, F. (2014). Pentingnya Penggunaan media belajar TIK oleh Guru | Pustaka Online. Retrieved July 24, 2018, from http://pustaka-downloads.blogspot.com/2016/01/pentingnya-penggunaan-media-belajar-tik.html

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di TK (1st ed.). Jakarta.

Pasaribu, M. (2016). Pengertian,Fungsi dan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) | Kumpulan Artikel. Retrieved July 18, 2018, from http://mangihot.blogspot.com/2016/12/pengertianfungsi-dan-tujuan-pendidikan.html

Rusman. (2008). Manajemen Kurikulum “Seri Manajemen Sekolah Bermutu.” Bandung: Mulia Mandiri Press.

Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini - Anggani Sudono - Google Buku. Retrieved July 10, 2018, from https://books.google.co.id/books?id=ZLHtwVzHuaoC&pg=PA16&source=gbs_selected_pages&cad=3#v=onepage&q&f=false

Zeldra, G. U. (2015). TIK pada ANAK USIA DINI. Retrieved July 27, 2018, from http://ghitautami.blogspot.com/2015/12/tik-pada-anak-usia-dini.html




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.