TRANSFORMASI TEKNOLOGI PRESENTASI

Dody Doerjanto

Abstract


Sinkronisasi antara pengetahuan dan perkembangan teknologi sejajar sepanjang zaman. Meskipun Dosen selalu disibukkan dengan penelitian, pengabdian, dan pembelajaran, tetapi kurang waktu mengembangkan pengetahuan untuk mempercantik teknologi presentasi yang digunakan setiap hari. Mereka hanya mengetahui perkembangan teknologi secara teoritik dan terpisah-pisah. Padahal perkembangan teknologi komputasi telah diatur sebegitu mudahnya, agar dapat digunakan dalam satu paket perangkat pembelajaran yang sangat menarik. Makalah ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pembelajaran, diilhami secara filosofis untuk penerapan metode berbasis teknologi, agar presentasi tidak stagnan seperti yang digunakan selama ini di perguruan tinggi. Perkembangan teknologi komputasi dengan strategi pembelajaran selayaknya dieksplor untuk menghadapi revolusi industry 4.0. Strategi yang perlu ditempuh adalah melakukan transformasi teknologi komputasi, agar presentasi yang digunakan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Proses pembelajaran membutuhkan perangkat teknologi yang lugas dan mudah digunakan, agar materi mudah diserap dan tidak mudah dilupakan. Wujud yang diharapkan dalam kajian ini, menghasilkan presentasi yang lebih menarik dan mudah dilakukan untuk menyajikan presentasi yang lebih professional.


Keywords


transformasi; sinkronisasi; eksplorasi; teknologi presentasi

Full Text:

PDF

References


Rustaman, N.Y., D. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung.

Sink., D. L. (2014). Design Models and Learning Theories for Adults.

Smith, P., & Ragan, T. (1993). Instructional design. Prentice-Hall, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.