PEMBANGUNAN PERUMAHAN ELITE DAN DAMPAK SOSIAL EKONOMINYA TERHADAP MASYARAKAT SETEMPAT (STUDI KASUS PERKAMPUNGAN KEJAWAN PUTIH TAMBAK)

Sukriyah Kustanti Moerad, Titien Setiyo Rini, Lissa Rosdiana

Abstract


Pembangunan infrastruktur Pemukiman menjadi prioritas utama pemerintahan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian tetap. Disisi lain dampak sosial ekonomi banyak diperoleh misalnya membuka lapangan kerja dan membuka kesempatan bertumbuhnya UKM. Surabaya  memiliki perkembangan aktivitas Ekonomi dan Pemukiman yang pesat sehingga membutuhkan percepatan dalam pemenuhan prasarana dan sarana infrastruktur kota. Rencana ini dipertimbangkan atas dasar kebutuhan akan pentingnya peningkatan kapasitas pemukiman yang bisa ditawarkan kepada masyarakat dalam bentuk vertikal housing. Penelitian dilakukan pada Kelurahan Kejawan Putih Tambak khususnya sebelah Utara yakni yang berada di RT 01 dan 02.  Tujuan penelitian mengukur sejauh mana dampak sosial ekonomi pada masyarakat yang berada di Kampung Kejawan Putih Tambak sebagai akibat dari pembangunan perumahan Pakuwon City. Kesimpulan penelitian, Kelurahan Kejawan Putih Tambak rt01,dan 02, RW 01 telah menjadi sebuah pemukiman kampung asal mula pembangunan Pakuwon City yang dijadikan domisili karyawan Pakuwon City. Sejumlah (95%) responden mengatakan bahwa suasana kehidupan lingkungan yang bertambah ramai dan menyenangkan karena perekonomian masyarakat sekitar kawasan ini bertambah baik serta Pembangunan perumahan menyebabkan terjadinya perubahan pada mata pencaharian masyarakat yang semula sebagai petani tambak menjadi pekerjaan di bidang wiraswasta dan Jasa. Ketenagakerjaan, Ada 10 (16%) responden menjadi karyawan tetap di Perumahan Pakuwon City, ada 7 (11%) responden sebagai karyawan harian lepas (tidak tetap), dan ada 14 (23%) responden menjadi Wiraswasta di Fastifal Food,  ada 29 (48%) responden adalah bermata pencaharian swasta.


Keywords


Kelurahan Kejawan Putih Tambak; sosial ekonomi; mata pencaharian

Full Text:

PDF

References


Imron. (2011). Pembangunan Rumah Mewah Pakuwon.

Janu Muhammad, Aan Pambudi, K. S. (2015). Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi Dalam Pembangunan Flyover, Jombor di Kabupaten Sleman. PELITA, Volume X(Nomor 1).

Moerad, S., Susilowati, E., & Windiani, W. (2016). Pemetaan Potensi dan Dampak Ekonomi Masyarakat di Kawasan Pertambangan Bukit Tumpang Pitu Banyuwangi. Jurnal Sosial Humaniora, 1–25. https://doi.org/10.12962/j24433527.v9i2.1621

Rosytha, A. (2016). Studi Dampak Pengembangan Pemukiman di Wilayah Pesisir Surabaya Timur. Studi Dampak Pengembangan Pemukiman Di Wilayah Pesisir Surabaya Timur. Journal AGREGAT, volume 1(1).

Tim. (1988). Hari Depan KITA Bersama, Komisi Dunia Untuk Lingkungan dan Pembangunan (The World Commision on Environment and Development). Jakarta: Gramedia Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.