Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal GEOSAINTEK mempublikasikan dan menerbitkan hasil kajian, penelitian, penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi di bidang kebumian. 

Kategori kajian meliputi:

  • Pengembangan ilmu–teknologi    
  • Penerapan ilmu–teknologi    
  • Kebijakan pengembangan/penerapan ilmu–teknologi     

Kategori teknik perlakuan data meliputi:

  • Akuisisi Data              
  • Pengolahan Data    
  • Interpretasi Data          
  • Simulasi Data        

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel yang masuk akan dinilai oleh dewan editor. Komponen yang dinilai meliputi:

  1. Keterbacaan dan kejelasan abstrak
  2. Keterarahan dan kejelasan ruang lingkup pembahasan
  3. Kedalaman pembahasan
  4. Kecukupan dan kemutakhiran data/informasi serta metodologi
  5. Relevansi terhadap penyelesaian problem aktual
  6. Pengembangan ilmu dan teknologi lebih lanjut

 

Publication Frequency

Januari-April; Mei-Agustus; September-Desember

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Advertising Policy

The Journal GEOSAINTEK accepts online advertising

 

PUBLICATION ETHICS AND MALPRACTICE STATEMENT

TUGAS PENULIS

  1. Standar artikel
    Penulis harus menyajikan artikel orisinil yang akurat mengenai proses pekerjaan yang dilakukan serta menyajikan pembahasan yang obyektif. Dalam artikel, data harus ditampilkan secara akurat. Artikel harus berisi detail dan rujukan yang cukup agar orang lain dapat mengembangkan penelitian. Pernyataan tidak benar atau tidak akurat yang disengaja merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  1. Akses ke Data
    Pada kondisi tertentu, atas permintaan dari editor, penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan proses review, penulis harus siap memberikan akses kepada editor terhadap data tersebut.
  1. Keaslian dan plagiarisme
    Penulis harus memastikan bahwa hasil karya mereka adalah asli sepenuhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain yang telah dikutip atau dikutip dengan tepat.
  1. Publikasi ganda
    Seorang penulis seharusnya tidak menerbitkan naskah yang secara deskriptif menjelaskan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi lainnya. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  1. Pengakuan Sumber
    Penulis harus selalu mengakui karya yang telah dibuat orang lain. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat dari artikel yang diajukan.
  1. Tentang Penulis Artikel
    Nama penulis yang tertera dibatasi hanya untuk mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsep, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis. Bila ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang berkorespondensi dengan editor harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang sesuai dan tidak ada rekan penulis yang tidak tepat disertakan dalam artikel dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi terakhir dari artikel tersebut dan telah menyetujui pengajuannya untuk dipublikasikan.
  1. Konflik Kepentingan:
    Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap masalah keuangan atau konflik kepentingan substantif lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan finansial untuk proyek tersebut harus diungkapkan.
  1. Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan:
    Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya terbitannya sendiri, maka kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah tersebut.

TUGAS EDITOR

  1. Keadilan:
    Seorang editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau aliran politik para penulis.
  1. Kerahasiaan:
    Editor dan setiap staf editorial dilarang memberikan informasi apapun tentang naskah yang dikirimkan kepada orang lain selain penulis, mitra bebestari, dewan editor, dan penerbit lainnya.
  2. Konflik Kepentingan:
    Materi yang tidak dipublikasikan yang dituliskan dalam naskah yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.
  1. Keputusan Publikasi:
    Editor jurnal bertanggung jawab untuk menentukan artikel mana yang dipublikasikan. Para editor dapat meminta masukan dari dewan editorial jurnal dan tools yang ada untuk mengatasi adanya pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berdiskusi dengan editor lainnya dan reviewer untuk membuat keputusan ini.
  1. Review Naskah:
    Editor harus memastikan bahwa setiap naskah dievaluasi oleh editor terkait dengan orisinalitas. Editor harus mengatur dan menggunakan reviewer secara adil dan bijaksana. Editor harus menjelaskan proses peer review sebagai informasi untuk penulis dan juga menunjukkan bagian jurnal mana yang ditinjau oleh reviewer. Editor harus menggunakan peer reviewer yang sesuai untuk artikel yang dianggap dapat dipublikasikan dengan memilih orang-orang dengan keahlian yang memadai dan menghindari konflik kepentingan.

 

TUGAS REVIEWER

  1. Kontribusi terhadap Keputusan Editorial
    Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial. Melalui komunikasi antara editor dengan penulis, reviewer juga dapat membantu penulis dalam memperbaiki artikel.
  1. Kecepatan
    Setiap reviewer terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk mereview naskah harus memberi tahu editor dan mengundurkan diri dari proses review
  1. Standar Objektivitas
    Proses review harus dilakukan secara obyektif. Kritik pribadi untuk penulis adalah tidak tepat. Reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dan disertai argumen pendukung.
  1. Kerahasiaan
    Setiap naskah yang diterima untuk direview harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali yang diberi wewenang oleh editor.
  1. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan
    Informasi atau ide baru yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer harus bekerja secara profesional dan menyingkirkan konflik kepentingan akibat hubungan kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan artikel.
  1. Pengakuan Sumber
    Reviewer harus mengidentifikasi karya publikasi yang relevan yang belum pernah dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan yang berupa suatu pengamatan, penurunan, atau argumen yang telah dipublikasikan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Seorang reviewer juga harus berdiskusi dengan editor atas kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang direview dan artikel lainnya yang sudah dipublikasikan.



 Jurnal Bidang Kebumian adalah Jurnal GEOSAINTEK


Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek oleh LPPM ITS disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.