Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Geosaintek?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PENGANTAR

Jurnal GEOSAINTEK dengan nomor registrasi ISSN 2460-9072 (print) , ISSN 2502-3659 (online) adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan Departemen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan Kebumian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia. GEOSAINTEK menerima dan mempublikasikan hasil kajian, penelitian, penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi di bidang kebumian. Terbuka bagi peneliti, praktisi, serta akademisi dari berbagai lembaga. 

 

Jurnal GEOSAINTEK terbit dalam versi cetak dan online. GEOSAINTEK Online tersedia sejak November 2015 atau sejak diterbitkannya Volume 1, Nomor 1 tahun 2015. Jurnal GEOSAINTEK terindeks oleh Google Scholar, Cross Ref, Garda Rujukan Digital (GARUDA) dan Bielefeld Academic Search Engine (BASE). Tim Editor Jurnal GEOSAINTEK mengundang Anda untuk berkontribusi sebagai penulis paper jurnal ini.

 

PENULISAN JUDUL, NAMA DAN ALAMAT PENULIS

Judul naskah harus ditulis di bagian atas halaman pertama di bagian tengah. Sementara itu, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis, harus ditulis. Kata kunci harus disusun menurut abjad  antara tiga sampai lima kata.

 

Penulis kontributor harus ditulis di awal diikuti penulis kedua, ketiga, dst. Komunikasi mengenai revisi artikel dan keputusan akhir diinformasikan via email hanya ke penulis kontributor. Jika terdapat lebih dari satu penulis, maka nama penulis kedua diletakkan di samping penulis pertama, dipisahkan dengan koma (,). Jika nama penulis setidaknya terdapat dua kata, maka nama pertama tidak boleh disingkat. Jika nama penulis hanya satu kata, maka ditulis sebagaimana namanya. Tetapi khusus pada versi online, nama penulis tersebut akan ditulis dua kata dengan pengulangan nama untuk kepentingan indeks metadata (Eridani, 2006, Imron dan Wahyudi, 2010).

 

KETENTUAN UMUM NASKAH

Ketentuan umum naskah adalah sebagai berikut

  1. Naskah adalah hasil riset otentik yang tidak pernah dipublikasikan.
  2. Naskah tidak memuat elemen plagiat. Dewan Editor akan secara langsung menolak naskah yang terindikasi plagiat.
  3. Proses submit dan publikasi tidak dikenai biaya.
  4. Naskah yang sudah ditulis sesuai ketentuan dari jurnal GEOSAINTEK (dengan Ms. Word, menggunakan template) harus disubmit secara online menggunakan Open Journal System (OJS) pada portal Jurnal GEOSAINTEK.
  5. Template dan ketentuan dari penulisan artikel  menggunakan format Ms. Word yang dapat diunduh.
  6.  Naskah submit online dapat dilihat pada bagian Ketentuan submit online di bawah
  7. Naskah yang tidak sesuai dengan ketentuan penulisan jurnal GEOSAINTEK akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses review.
  8. Naskah harus memuat beberapa aspek artikel ilmiah yaitu: (a) judul artikel, (b) nama penulis (tanpa gelar), (c) alamat afiliasi penulis, (d) email penulis, (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) metode, (h) hasil dan pembahasan, (i) simpulan , (j) daftar pustaka.
  9. Subjudul yang termasuk dalam bagian diskusi (Pendahuluan,  Metode, Hasil dan Pembahasan, dan Kesimpulan) sebaiknya menggunakan nomor Arabic dimulai dari satu. Subjudul ditulis tidak menggunakan huruf tebal.   
  10. Naskah terdiri dari lima sampai lima belas halaman. Jangan meletakkan nomor halaman
  11. Naskah yang disubmit harus berupa camera ready.
  12. Artikel ditulis menggunakan ukuran kertas A4 (210mm  x 297mm), dengan margin sebagai berikut: kiri 25 mm, kanan 20 mm, bawah 20 mm dan atas 30 mm
  13. Teks pada artikel menggunakan tipe font Calibri, 11pt, spasi 1,13 dan dua kolom.
  14. Kata-kata yang merupakan bahasa asing ditulis miring.
  15. Setiap gambar diberi nomor diikuti judul gambar di bawah gambar.
  16. Setiap tabel diberi nomor diikuti judul tabel di atas tabel.
  17. Setiap gambar, tabel dan grafik diletakkan di tengah.
  18. Heading pada halaman gasal dan genap sama, dituliskan volume/nomor tahun penerbitan. Font ukuran 11pt, center dengan huruf kapital pada kata pertama saja.

 

KETENTUAN UNTUK BAGIAN ISI NASKAH

 

Judul Naskah: Judul seharusnya informatif dan ditulis secara jelas. Judul memberi gambaran penelitian yang telah dilakukan dan tidak boleh menimbulkan interpretasi berbeda. Huruf pertama ditulis kapital dan simetri. Judul artikel tidak boleh memuat singkatan yang tidak umum. Judul artikel ditulis maksimum tiga baris atau lima belas kata, Calibri 12pt, dan di tengah. Sedangkan abstrak berisi 150-250 kata, Font yang digunakan Calibri 10pt dan diikuti tiga sampai lima kata kunci.


Pendahuluan: Pendahuluan memuat latar belakang dan atau urgensi penelitian. Dicantumkan pula tinjauan pustaka sebagai dasar dari pertanyaan riset terbaru, ulasan penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Pada bagian akhir pendahuluan dicantumkan tujuan dari penulisan artikel.


Metode: Metode memuat metode atau pendekatan yang dilakukan, prosedur, instrumen, teknik pengumpulan data dan teknik analisa data serta hal-hal lain yang terkait dengan metode penelitiannya.


Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian dapat diuraikan secara deskriptif atau disajikan dalam bentuk grafik, tabel atau diagram. Pembahasan difokuskan pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan atau tujuan penelitian. Dapat juga pembahasan merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data. 


Simpulandan Saran: Simpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dapat pula berupa kemungkinan pemngembangan untuk langkah selanjutnya. Simpulan dapat berupa paragraf, namun sebaiknya berbentuk point-point dengan menggunakan numbering atau bullet.


Daftar Pustaka: Daftar pustaka hanya memuat semua pustaka yang disitasi pada naskah tulisan. Sumber yang ditulis dalam Daftar Pustaka benar-benar dirujuk dalam tubuh artikel; dan demikian juga dengan sebaiknya. Daftar pustaka menunjukkan kaulitas artikel ilmiah diterbitkan sepuluh tahun terakhir.

 

KETENTUAN UNTUK SITASI DAN DAFTAR PUSTAKA

Seluruh data atau frasa atau kalimat di artikel yang diambil dari artikel lainnya harus dicantumkan sumbernya. Penulisan daftar pustaka menggunakan aplikasi reference manager untuk menjaga konsistensi cara pengutipan dan daftar pustaka semisal Mendeley, Zotero atau lainnya. Format penulisan sitasi dan daftar pustaka yang digunakan di jurnal GEOSAINTEK mengikuti format yang disediakan Harvard.


KETENTUAN UNTUK SUBMIT NASKAH ONLINE

  1. Naskah harus disubmit secara online menggunakan Open Journal System (OJS) pada portal Jurnal GEOSAINTEK 
  2. Pertama, penulis register sebagai pembaca atau penulis (centang yang diinginkan) pada menu register 
  3. Setelah langkah registrasi selesai, login sebagai author, klik “New Submission”. Tahap pengajuan terdiri dari lima langkah yaitu (1) Start, (2) Upload Submission, (3) Enter Metadata, (4) Upload Supplementary Files, kemudian (5) Confirmation.
  4. Pada kolom “Start” , pilih Journal Section (Full Article), centang semua.
  5. Pada kolom “Upload Submission “ unduh file naskah dalam format Ms. Word di kolom ini.
  6. Pada kolom “Enter Metadata” isi semua data penulis dan afiliasinya beserta judul artikel, abstrak dan kata kunci.
  7. Pada kolom “Upload Supplementary Files” penulis dibolehkan untuk mengunggah file pendukung seperti surat pernyataan, dsb
  8. Pada kolom “Confirmation” Jika data yang sudah dimasukkan benar, maka klik “Finish Submission”.
  9. Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses pengajuan, dapat menghubungi tim editor jurnal GEOSAINTEK di geosaintek@geofisika.its.ac.id

 

 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek oleh LPPM ITS disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.