Survei Sub Bottom Profile (SBP) untuk Mengidentifikasi Lapisan Sedimen pada Muara Sungai Bengawan Solo Menggunakan Stratabox Marine Geophysical Instrument

Innanda Rizqiani Putri, Dwa Desa Warnana, Firman Syaifuddin

Abstract


Pengendapan sedimen pada muara Sungai Bengawan Solo cukup besar, hal ini dikarenakan Sungai Bengawan Solo merupakan sungai yang terpanjang di Pulau Jawa. Sungai ini membawa banyak material sedimen sehingga akan terakumulasi pada muara sungai, yaitu pada muara Sungai Bengawan Solo di Pangkah - Gresik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa ketebalan sedimen pada muara Sungai Bengawan Solo dan juga mengidentifikasi kedalaman muara sungai. Ketebalan sedimen dan kedalaman muara dapat diidentifikasi dengan melakukan survei Sub Bottom Profile (SBP). Survei SBP ini memanfaatkan gelombang akustik yang ditembakkan ke bawah permukaan air. Bedasarkan data SBP yang telah dilakukan analisa, maka dapat diperoleh kedalaman sungai berkisar 0.5 - 6 meter, kedalaman muara sungai berkisar 0.3 - 0.8 meter, dan kedalaman muara sungai menuju ke laut berkisar 5 - 7 meter. Berdasarkan peta kontur ketebalan sedimen, dapat dianalisa bahwa ketebalan sedimen sekitar 1 meter.


Keywords


gelombang akustik; muara Bengawan Solo; sedimentasi; Sub-Bottom Profile (SBP)

Full Text:

PDF

References


Amri, Ulil., 2016. Integrasi Data SBP dan Gravity Core untuk Menentukan Dinamika Sedimentasi Resen di Perairan Utara Wokam: Institut Pertanian Bogor.

Lurton, X., 2002. An Introduction to Underwater Acoustic. Springer, Praxis. Chichester, UK.

Penrose dkk., 2005. Acoustic Techniques for Seabed Classification: Cooperative Research Centre for Coastal Zone Estuary and Waterway Management.

Sun, Y., Y. Gao, P. Yan, J. Wang, W. Yuan, H. Wub, Y. Wang, P. Wan, and G Zhao., 2009. Development of a 20 kJ Sparker for High Resolution Ocean Seismic Survey. Acta Physica Polonica, 115:10591061.

SyQwest., 2016. StrataBox Marine Geophysical Instrument: Syqwest Incorporated.

Wang, J. and Sacchi, M., 2009. Noise Reduction by Structure and Amplitude Preserving Multichannel Deconvolution. CSEG recorder.

Yilmaz, O., 2001. Seismic Data Analysis Processing, Inversion, and Interpretation Seismic Data. Society Exploration Geophysicists, USA.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v2i3.2107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.