INSTRUMEN REAL TIME ROCK RESISTIVITY METER UNTUK MENGUKUR RESISTIVITAS DAN MEMONITOR SIFAT KELISTRIKAN SAMPEL BATUAN

Ida Bagus Suananda Yogi, Riang Pangestu, Karyanto Karyanto, I Gede Boy Darmawan

Abstract


Resistivitas adalah salah satu sifat fisis batuan yang banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti eksplorasi sumber daya, geoteknik, teknik lingkungan, dan mitigasi bencana. Nilai resistivitas didapat dengan menggunakan pengukuran geolistrik, MT, ataupun AMT di permukaan. Nilai yang diukur di lapangan dapat divalidasi dengan membandingkan nilai resistivitas sampel batuan secara langsung. Oleh sebab itu, dibuatlah instrumen Real Time Rock Resistivity Meter yang dirancang untuk dapat mengukur nilai resistivitas batuan secara otomatis dan real time. Proses monitor dan pengukuran dilakuan di komputer dengan memanfaatkan microcontroller Arduino. Validasi alat dilakukan dengan menggunakan resistor sebesar 1 kΩ, 10 kΩ, 100 kΩ, dan 1 MΩ dengan eror pengukuran kurang dari 2.2 %. Sampel batuan yang diukur berupa batuan Tuf dan batuan beku. Hasil pengukuran menghasilkan dua kecendrungan nilai, yaitu saat hasil pengukuran polaritas positif dan negatif. Perbedaan ini terjadi karena adanya energi listrik yang tersimpan di dalam batu. Dari analisis yang dilakukan, nilai resistivitas batuan dihitung dari rata-rata kedua polaritas. Batuan tuf memiliki nilai resistivitas sebesar 12,6 kΩm dan batuan beku sebesar 262 kΩm. Tuf basah memiliki nilai resistivitas 89,7 Ωm dan berangsur naik hingga 10,1 kΩm selama 9 hari. Nilai yang bervariasi ini terjadi karena batuan tuf memiliki rekahan yang dapat menyimpan dan cepat melepas air. Dengan kemampuan ini, instrumen Real Time Rock Resistivity Meter dapat digunakan untuk validasi atau bahkan menghasilkan referensi nilai reisistivitas formasi batuan di sekitar kita.

Keywords


Resistivitas, Arduino, Geolistrik, Instrumentasi

Full Text:

PDF

References


Aluko, K.O., Raji, W.O., dan Ayolabi, E.A., 2017, Application of 2-D resistivity survey to groundwater aquifer delineation in a sedimentary terrain: A case study of south-western Nigeria, Water Utility Journal 17, 71 -79.

Caselle, C, Bonetto, S., dan Comina, C., 2019, Comparison of laboratory and field electrical resistivity measurements of a gypsum rock for mining prospection applications, International Journal of Mining Science and Technology, 29(6), 841–849.

Dentith, M., dan Mudge, S.T., 2014, Geophysics for the Mineral Exploration Geoscientist, New York, Cambridge University Press.

Halliday, D., Resnick, R., dan Walker, J., 2018, Halliday & Resnick - Fundamentals of Physics (11th ed.), Wiley.

Karyanto, Pendeteksian Penyebaran Limbah Cair Pada Media Padat dengan Metode Geolistrik Tahanan Jenis 3D, 2007, Jurnal Sains MIPA Unila, vol 13.

Keller, G.V., 1988. Rock and mineral properties. dalam Nabighian, M.N. (Ed.), Electromagnetic Methods in Applied Geophysics Volume 1, Theory. Society of Exploration Geophysicists, Investigations in Geophysics 3, 13–51.

Kirsch, R., 2010, Groundwater Geophysics A Tool for Hydrogeology, Berlin, Springer.

Mohammed, M.A., Senosy, M.M., dan Abudeif, A.M., 2019, Derivation of empirical relationships between geotechnical parameters and resistivity using electrical resistivity tomography (ERT) and borehole data at Sohag University site, upper Egypt, Journal of African Earth Sciences, Vol 159, 103593.

Raji, W.O. dan Adedoyin, A.D., 2019, Dam safety assessment using 2D electrical resistivity geophysical survey and geological mapping, Journal of King Saud University – Science 32(1), 1123-1129.

Uhlemann, S.S., Chambers, J.E., Alonso, A.T., Gea, D., dan Falck W.E., 2015, Imaging of karst features to guide mining activities in a marble quarry by means of 3D ERT. Near surface geoscience 2015 - 21st European meeting of environmental and engineering geophysics, 711–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v6i3.7890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.