POTENSI DAN KENDALA PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS KEKAYAAN ALAM DENGAN PENDEKATAN MARKETING PLACES (STUDI KASUS PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN BOJONEGORO)

Soedarso Soedarso, Nurif Nurif

Abstract


Sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia saat ini tengah aktif mengembangkan diri dalam segala bidang. Pengembangan kegiatan-kegiatan di setiap sektor  tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Penelitian ini memfokuskan diri pada bagaimana mengembangkan sebuah potensi wisata suatu daerah. Metode yang digunakan adalah marketing places. Pada makalah ini akan dipaparkan hasil utama penelitian terutama dari sisi potensi dan kendala. Secara garis besar setiap daerah harus mengembangkan sektor pariwisata dengan memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin. Salah satu sektor yang masih belum dioptimalkan pengembangannya adalah sektor pariwisata, meskipun dalam penyusunan kebijakannya, strategi untuk sektor ini telah sering dirumuskan, namun ternyata pelaksanaannya masih mengalami kendala seperti yang juga dialami oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.


Keywords


Pengembangan, Potensi, Kendala, Pariwisata, Bojonegoro

Full Text:

PDF

References


Alex S. Nitisewito, Marketing, ghalia Indonesia, Jakarta, 1991. 2.

Alkadri, dkk, Manajemen Teknologi Untuk Pengembangan Wilayah,- Konsep Dasar, Contoh Kasus,dan Implikasi Kebijakan-, Penerbit Pusat Kajian Kebijakan Teknologi Pengembangan Wilayah (P2KTPW) BPPT, Jakarta, 2001.

Basu Swasta DH dan Irawan, Manajemen Pemasaran Mpdern, Edisi kedua, Liberty, 1992

Basu Swastha DH, Azas-azas Marketing, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1988

Dwijowijoto, Riant Nugroho, Kebijakan Publik- Formula,Implementasi, dan Evaluasi-, PT. Alex Media Komputindo, Jakarta, 2003

Hunger J. David & Thomas L Wheelen, Manajemen Strategis, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2003

Kartajaya Hermawan, dan Yuswohadi, Attracting- Tourists, Traders, Investors- Strategi Pemasaran Daerah di Era Otonomi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.

Kountour, Ronny, Motede Penelitian,- Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis,- Penerbit PPM, Jakarta, 2004.

_____________, Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur Nomor 8 Tahun 2005, RPJMD Prop. Jawa Timur Tahun 2006 – 2008.

Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro No. Tahun 2013 tentang, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2013 – 2018.

Phillp Kotler, Marketing Management, Prentice-Hall International, Inc., 2003.

Phillip Kotler, dkk, Rethinking Markerting – Sustainable Market-ing Entreprise di Asia, PT. Prenhallindo, Jakarta, 2003. Philip Kotler, dkk, Marketing Asian Places – Attracting Invesment, Industry, and Tourism to Cities, States and Nations, John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd, 2002.

Stoner James A.F., dan R. Edward Freeman, Management, Intermedia, Jakarta, 1994.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v7i2.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)