ANALISIS PERUBAHAN KONSENTRASI TOTAL SUSPENDED SOLID (TSS) DI TELUK LAMONG MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT MULTITEMPORAL

Bangun Muljo Sukojo, Nurul Chayah Amalina

Abstract


Reklamasi dan suplai sedimen dari sungai – sungai yang bermuara di Teluk Lamong dikhawatirkan akan menyebabkan terjadinya sedimentasi yang bisa berdampak pada pendangkalan alur pelayaran di Selat Madura. Karena itu diperlukan suatu teknik yang dapat memperkirakan wilayah dengan kecenderungan terjadinya sedimentasi, salah satunya dapat menggunakan analisa pola sebaran TSS/sedimen tersuspensi di Teluk Lamong. Dalam penelitian ini digunakan kombinasi metode pengamatan langsung (pengambilan data in situ) dan metode penginderaan jauh (menggunakan citra satelit Landsat – 8). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa perubahan konsentrasi TSS (Total Suspended Solid) di Teluk Lamong dari tahun 2014 sampai dengan 2018 berdasarkan hasil pengukuran, menguji beberapa algoritma untuk menduga TSS di Teluk Lamong untuk mendapatkan algoritma TSS yang sesuai yang nantinya digunakan untuk mengekstraksi nilai TSS dari citra pada periode yang ditentukan dan menganalisa hasilnya dengan kondisi oseanografi (arus).  Hasil dari pengolahan data dari citra satelit pada tahun 2018 dengan Algoritma Parwati, Algoritma Syarif Budiman, dan Algoritma Guzman & Santaella berbeda rentangnya dengan nilai TSS in – situ. Namun, Algoritma Syarif Budiman menunjukkan korelasi yang paling baik terhadap nilai TSS in – situ. Nilai TSS yang diperoleh dari citra satelit tiap tahunnya bersifat fluktuatif. Arus memiliki pengaruh terhadap perbedaan konsentrasi TSS yang teradi pada perairan Teluk Lamong.

Keywords


Sedimentasi; TSS; Teluk Lamong; Citra Satelit; Arus

Full Text:

PDF

References


Alwafi dkk. 2013. “Studi Dampak Rencana Reklamasi di Teluk Lamong Propinsi Jawa Timur Terhadap Pola Arus Pasang Surut Dan Angkutan Sedimen” 7 (2):108–17.

Budhiman, S. 2004. “Mapping TSM Concretations from Multisensor Satellite Images in Turbid Tropical Coastal Waters of Mahakam Delta, Indonesia.” MSc. Thesis. ITC. Endesche, The Netherlands. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2.

Khomsin. 2009. “Prediksi Laju Sedimentasi di Teluk Lamong Dengan Data Citra Satelit Multi Temporal.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Parwati, E., dan Purwanto, D. 2014. “Analisis Algoritma Ekstraksi Informasi Tss Menggunakan Data Landsat 8 Di Perairan Berau.” Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2014, 518–28.

Rodríguez-guzmán dkk. 2009. “Using MODIS 250 m Imagery to Estimate Total Suspended Sediment in a Tropical Open Bay.” International Journal of Systems Application, Engineering & Development 3 (1):36–44.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v15i1.3884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.