EVALUASI TENTANG PENGUKURAN DAN PEMETAAN DALAM PROGRAM REFORMA AGRARIA DIKAITKAN DENGAN STANDARDISASI TEKNIS (Studi Kasus : Kabupaten Rembang Jawa Tengah)

Muslihatul Ummah, Chatarina Nurjati Supadiningsih, Roedy Rudianto

Abstract


Program reforma agraria merupakan upaya untuk menata kembali hubungan antara masyarakat dengan tanah, dengan perkataan lain, menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah yang berkeadilan. Penelitian ini tentang pelaksanaan pengukuran dan pemetaan dalam program reforma agraria dikaitkan dengan standardisasi teknis yang berlaku dengan wilayah studi di Kabupaten Rembang.

Dari hasil pengolahan data dan analisa didapatkan bahwa dalam proses pengukuran dan pemetaan persil tanah dalam program reforma agraria di Kantor Pertanahan kabupaten Rembang banyak terjadi ketidaktepatan. Hal tersebut dapat dilihat dari alat yang digunakan dalam mengukur sudut dan jarak dalam poligon utama serta alat yang digunakan untuk mengukur jarak dalam pengukuran bidang tanah, cara pengukuran poligon utama, tenaga pelaksana pengukuran, spesifikasi komputer grafis yang digunakan.


Keywords


Reforma Agraria, Pengukuran, Standardisasi Teknis

Full Text:

PDF

References


Aprianto, T. C., ______. Reforma Agraria (Potret Pasang Surut Sejarah kebangsaan Indonesia), . Dikunjungi pada tanggal 17 desember 2009, pukul 12.07 WIB.

Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. 2007. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Model Reforma Agraria Tahun Anggaran 2007. Jakarta

Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. 2007. Standarisasi Teknis. Jakarta

Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. 2007. Petunjuk Teknis Peraturan Menteri Negara Agraria Nomor 3 Tahun 1997 Materi Pengukuran dan Pemetaan Pendaftaran Tanah. Jakarta

Bachriadi, D., 2008. Reforma Agraria untuk Indonesia: Pandangan Kritis tentang Program Pembaruan Agraria Nasional (PPAN) atau Redistribusi Tanah ala Pemerintahan SBY, . Dikunjungi pada tanggal 17 desember 2009, pukul 12.27 WIB.

Sutaryono, E. W., 2006. Urgensi Reforma Agraria, < URL http://www.stpn.ac.id/database/Publikasi%20Koran/URGENSI%20REFORMA%20AGRARIA.pdf > . Dikunjungi pada tanggal 17 desember 2009, pukul 12.33 WIB.

Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang. 2008. Pelaksanaan Redistribusi Tanah Objek Landreform di Kabupaten Rembang. Rembang

Nurjati, Chatarina., 2004. Modul Ajar Ilmu Ukur Tanah I. Surabaya: Program Studi Teknik Geomatika ITS.

Winoto, J., Ph.D, 2007. Reforma Agraria : Mandat Politik, Konstitusi dan Hukum dalam Rangka Mewujudkan Tanah untuk Keadilan dan Kesejahteraan Rakyat, < URL http://www.brighten.or.id/attachments/-01_RA_JoyoWinoto_UGM.pdf >. Dikunjungi pada tanggal 17 desember 2009, pukul jam 12.08 WIB.

Yuli, Eko Handoko. 1998. Evaluasi terhadap Penyelenggaraan Pengukuran Bidang Tanah di Lingkungan Badan Pertanahan Nasional. Bandung: Skripsi Jurusan Teknik Geomatika ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v6i2.4238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.