ANALISA KESALAHAN LINIER KERANGKA KONTROL HORIZONTAL DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

Rizaldy P, Muhammad Taufik, Mansur M

Abstract


Pengukuran merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan untuk memperoleh suatu data pengamatan, terutama pengukuran kerangka kontrol horizontal  yang merupakan kerangka dasar pemetaan untuk memperlihatkan posisi horizontal (X dan Y) antara satu titik terhadap titik yang lain di permukaan bumi pada bidang datar. Metode yang di gunakan untuk penentuan posisi horizontal adalah metode poligon. Salah satu metode pengukuran kerangka kontrol horizontal (x dan y) dengan menggunakan poligon terbuka terikat tidak sempurna adalah dengan menggunakan metode pendekatan. Metode pendekatan adalah metode pengukuran yang kedua ujungnya terikat koordinat yaitu memilki satu koordinat titik awal dan satu koordinat titik akhir. Jenis metode ini tidak mempunyai koreksi sudut tetapi mempunyai koreksi koordinat.

Pengukuran kerangka kontrol horizontal dengan metode pendekatan ini dilakukan di tiga jalur yang berbeda-beda sehingga bisa diketahui besar koreksi koordinat masing-masing titik di setiap jalur kerangka kontrol horizontal. Analisa kesalahan linier dengan menggunakan metode pendekatan dihitung menggunakan software microsoft visual basic 6.0 dan hasil perhitungan dengan software microsoft visual basic 6.0 digunakan untuk menganalisa besar koreksi koordinat di tiap-tiap titik di jalur kerangka kontrol horizontal yang berbeda.


Keywords


Kerangka Kontrol Horizontal; Metode Pendekatan; Microsoft Visual Basic 6.0

Full Text:

PDF

References


BPN (Badan Pertanahan Nasional). 1997. Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 3 Tahun 1997 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Jakarta: Badan Pertanahan Nasional.

Choirul,M. Cepat Mahir Visual Basic 6.0 dari IlmuKomputer.Com(http://ilmukomputer/cepatmahirvisualbasic.net.com) dikunjungi pada 28 Maret 2009 pukul 20.55 WIB

Handoko, E.Y. 1998. Evaluasi terhadap Penyelenggaraan pengukuran bidang tanah di lingkungan badan pertanahan nasional. Jurusan Teknik Geodesi Institut Teknologi Bandung

Nurjati, C. 2004. Modul Ajar Ilmu Ukur Tanah I. Teknik Geomatika FTSP - ITS.

PIKSI (Pendidikan Jaringan Komputer Dan Sistem Informasi). 2002. Pemrograman Visual Basic 6.0. Teknik Elektro FTI – ITS.

Purwohardjo,U. 1986. Pengukuran Horizontal. Bandung: Jurusan Teknik Geodesi Institut Teknologi Bandung.

Setyadi, A. 2005. Dasar Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 . Yogyakarta.

Wongsotjitro, S. 1980. Ilmu Ukur Tanah. Yogyakarta : Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v5i1.7327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.