PERBANDINGAN HASIL SURVEI BATIMETRI DI DAERAH PESISIR DENGAN MENGGUNAKAN PETA BATIMETRI DAN CITRA ASTER DI PATI, JAWA TENGAH

Mariska Titiarni, Khomsin Khomsin

Abstract


Salah satu aplikasi dari teknologi Penginderaan Jauh adalah untuk pemetaan batimetri perairan dangkal di daerah pesisir. Salah satu citra yang dapat digunakan adalah Citra ASTER yang memiliki band VNIR yang baik digunakan untuk pemetaan laut. Lokasi yang diambil adalah di Pati, Jawa Tengah.

Pengolahan citra meliputi masking, transformasi citra dengan metode DOP (Depth Of Penetration), Algoritma Jupp, dan klasifikasi Tak Terselia yang dilakukan dengan Software ER Mapper 7.0. Informasi yang dihasilkan adalah kedalaman dan garis pantai, yang nantinya akan dibandingkan dengan peta batimetri.

Hasil dari penelitian ini adalah 4 zona DOP yang menggambarkan perbedaan kedalaman dari peta batimetri perairan dangkal. Terdapat perbedaan hasil kedalaman dan garis pantai antara citra ASTER dan peta batimetri. Perbedaan nilai kedalaman yang paling besar adalah 0,5 m, dan perbedaan garis pantai terbesar adalah 550 m.


Keywords


Penginderaan Jauh; Citra ASTER; Batimetri; Metode DOP; Algoritma Jupp

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2005. Crude Bathymetric Mapping Using Landsat TM Satellite Imagery. URL: http://www.ncl.ac.uk/webbilko Dikunjungi pada tanggal 17 Maret 2009 jam 09.00

Anonim,2007.UNESCO-Bilkohomepage URL:http:// www.noc.soton.ac.uk/bilko/regusr/index.php Dikunjungi pada tanggal 17 Maret 2009 jam 09.00

Ariana K, Dina. 2002. Pemetaan Batimetri dan Karakteristik Dasar Perairan Dangkal di Perairan P. Lintea Dengan Data Satelit Indraja. Ilmu Kelautan IPB, Bogor.

Cahyono, Agung B. 2006. Modul Praktikum Penginderaan Jauh II. Surabaya : Program Studi Teknik Geomatika ITS.

Harintaka, dkk. 2006. Aplikasi Teknologi Penginderaan Jauh Untuk Pengkajian Sumber Daya Wilayah Pesisir di Kepulauan Seribu Jakarta.

Lillesand, Thomas, M And Kiefer, Ralp, W. 1994. Remote Sensing and Image Interpretation. New York : John Wiley&Son, Inc.

Purwadhi, S.H. 2001. Interpretasi Citra Digital. Jakarta: Grasindo.

Santoso. 2008. Pemanfaatan Band Thermal Infrared (TIR) Citra Aster Untuk Pemetaan Suhu Permukaan Laut di Perairan Selat Madura. Surabaya : Tugas Akhir Program Studi Teknik Geodesi.

Santoso, Agus Iwan. 2008. Kajian Pulau-Pulau Kecil Terluar Untuk Menentukan Batas Wilayah Maritim Menggunakan Teknologi Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus Pulau Nipa, Provinsi Kepulauan Riau). Yogyakarta : Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.

Trisakti, Bambang. 2004. Model Kontur Kedalaman Dengan Menggabungkan Citra Landsat-7 ETM dan Informasi Bathimetri. Surabaya : Jurnal PIT




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v5i1.7337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.